Siswa MAN 1 Kendari Juara Lomba Madrasah Fest 2023

  • Bagikan
Para pemenang lomba yang menyabet juara 1 dan juara 3 tingkat Provinsi. (Man 1 Kendari)
Para pemenang lomba yang menyabet juara 1 dan juara 3 tingkat Provinsi. (Man 1 Kendari)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sesuai hasil keputusan dewan hakim Madrasah Fest Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Nomor 259 Tanggal 13 Juli Tahun 2023, tiga siswa MAN 1 Kendari ditetapkan sebagai pemenang lomba dengan menyabet juara 1 dan juara 3 tingkat Provinsi.

Mereka yang berhasil membawa nama harum sekolahnya adalah Nurul Qalbi Rabbani Khaliq, Fiji Ruwisitas Muhajir, dan Zahra Maulindya sebagai juara 1 lomba Explaining Holy Qur'an (EHQ) MA. Sedangkan Rodiatul Nisa sebagai juara 3 lomba Memorizing Holy Qur'an (MHQ) MA Kriteria 20 Juz, serta Muhammad Nur Alim sebagai juara 3 lomba Reciting Holy Qur'an (RHQ) MA Kategori Putra.

Selanjutnya akan mengikuti babak penyisihan menuju babak final dan puncak Festival Madrasah Fest Nasional yang dijadwalkan 13 Agustus 2023 mendatang.

Kompetisi di bawah naungan Direktorat Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama Republik Indonesia merupakan kompetisi rutinan mulai dari jenjang MI, MTs, MA mulai dari tingkat madrasah hingga tingkat nasional. Dengan demikian, kompetisi tersebut hadir untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran keagamaan sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo, S.Pd., M.Pd., mengatakan bahwa Madrasah fest bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreativitas, inovatif, wawasan kebangsaan, cerdas, disiplin, serta menguasai ilmu pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Yang selanjutnya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari tentu sejalan dengan visi dan misi MAN 1 Kendari.

"Saya sebagai kepala madrasah selaku penanggung jawab di MAN 1 Kendari ini tentu sangat bersyukur dan berbangga atas prestasi-prestasi yang berhasil diraih oleh peserta didik kami. Selain kerja keras siswa, tentu ini juga tidak terlepas dari bimbingan dan arahan bapak dan Ibu guru yang telah dipercaya sebagai guru pembina," ujarnya.

La Tangkalalo mengungkap bahwa dengan capaian prestasi yang sudah diraih siswa-siswi MAN 1 Kendari, ini dapat membawa angin segar sekaligus motivasi bagi siswa-siswa yang lain agar juga dapat mengukir prestasi sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki setiap siswa. "Dengan begitu, MAN 1 Kendari semakin maju dan bermartabat," ungkapnya.

Ia juga berharap agar siswa-siswa MAN 1 Kendari terus mengharumkan nama madrasah, baik dalam prestasi akademik terlebih lagi dalam hal implementasi nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

"Selaku kepala madrasah bekerja sama dengan seluruh stakeholder MAN 1 Kendari, hal ini akan terus kami dorong," jelasnya.

Sementara itu, Nurul Qalbi Rabbani Khaliq, salah satu pemenang lomba saat ditemui juga sangat bersyukur atas prestasi yang telah diraihnya sehingga almamaternya semakin bergengsi.

"Doa, latihan terus-menerus, di bawah binaan guru pembina, alhamdulillah kami siswa MAN 1 Kendari kembali berhasil mengantarkan nama madrasah kami ke tingkat nasional. Mudah-mudahan ke depan, saya tetap berusaha semaksimal mungkin sehingga harapan baik kami dapat terwujud," harapnya.

Nurul Qolbi pun tak lupa menyampaikan terima kasih kepada teman-temannya yang sudah mendukung mulai dari persiapan hingga berhasil ke tahap itu. Harapan terbesarnya agar siswa-siswa MAN 1 Kendari terus memiliki semangat belajar yang tinggi dalam mewujudkan visi dan misi madrasah.
(rls/win).

  • Bagikan