Dispar Sultra Sukses Menggelar Toronipa Fun Bike

  • Bagikan
Peserta Toronipa Fun Bike menjajal rute sekira 12 kilometer di ruas jalan wisata Kendari-Toronipa karya Gubernur Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas (Aman). Toronipa Fun Bike digelar Dinas Pariwisata Provinsi Sultra, Sabtu (15/7) lalu. (DISPAR SULTRA)
Peserta Toronipa Fun Bike menjajal rute sekira 12 kilometer di ruas jalan wisata Kendari-Toronipa karya Gubernur Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas (Aman). Toronipa Fun Bike digelar Dinas Pariwisata Provinsi Sultra, Sabtu (15/7) lalu. (DISPAR SULTRA)

--Dispar Sultra Promosi Karya Aman


KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra punya cara jitu menstimulasi visitasi destinasi wisata. Salah satunya dengan mengemasnya dalam kegiatan Toronipa Fun Bike. Kegiatan itu sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBWI) sekaligus konsep berwisata sembari gowes (bersepeda) yang dapat menyehatkan tubuh.

Kepala Dispar Sultra, Belli Tombili yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dispar Sultra, Andi Syahrir mengatakan, Toronipa Fun Bike ini sukses digelar dan sekira 300 peserta berpartisipasi, Sabtu (15/7) lalu.

Peserta dari berbagai OPD Pemprov Sultra, komunitas sepeda dan masyarakat umum antusias mengikuti Toronipa Fun Bike. Sejak pukul 06.00 Wita, mereka memadati area pelaksanaan Toronipa Fun Bike.

"Jarak tempuh yang dilalui para peserta Toronipa Fun Bike ini sekira 12 kilometer. Star dimulai dari Pantai Mayaria, Kassilampe Kota Kendari dan finish di Pantai Toronipa Kabupaten Konawe," ujar Andi Syahrir kepada Kendari Pos, Minggu (16/7), kemarin.

Ia menjelaskan, Toronipa Fun Bike merupakan salah satu ikhtiar Dispar Sultra mempromosikan jalan wisata Kendari-Toronipa karya Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, Ali Mazi-Lukman (Aman).

"Jalan wisata Kendari–Toronipa adalah salah satu dari tiga program strategis pemerintah yang dibangun pada masa kepemimpinan Gubernur Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas,” ungkapnya

Menurut Andi Syahrir, infrastruktur jalan wisata Kendari–Toronipa ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melaui event-event promosi. "’Kita mengharapkan ruas jalan wisata Toronipa menjadi tempat wisata rekreasi yang pada akhirnya terdapat perputaran ekonomi di sana," tuturnya.

Andi Syahrir memastikan dinasnya akan kembali menggelar event serupa yang dikemas dalam kegiatan Toronipa Fun Run pada 20 Agustus 2023. Ia optimistis kegiatan itu nantinya akan menggenjot kawasan wisata Kendari-Toronipa sebagai salah satu bagian dari Seven Wonder Sultra yang meliputi Koridor Wisata Teluk Kendari-Toronipa-Labengki di Sulawesi Tenggara.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra, Belli Tombili mengatakan, Toronipa Fun Bike merupakan program kerja Pemprov Sultra untuk meningkatkan kunjungan wisata sekaligus promosi jalan wisata Kendari-Toronipa yang dibangun duet Gubernur Ali Mazi dan Wakil Gubernur, Lukman Abunawas.

Kegiatan itu bertujuan agar masyarakat mengetahui bahwa jalan wisata Kendari-Toronipa bukan hanya sekadar infrastruktur jalan semata, tapi merupakan bagian dari destinasi wisata itu sendiri.

“Kita mengharapkan posisi strategis jalan wisata Kendari-Toronipa dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif lainnya yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Sultra,” kata Belli Tombili kepada Kendari Pos, baru-baru ini. (rah/c)

  • Bagikan

Exit mobile version