Dua Paskibraka Utusan Sultra Menuju Istana

  • Bagikan
UTUSAN SULTRA: Kepala Kesbangpol Sultra, Harmin Ramba (tiga dari kanan) foto bersama dua utusan Paskibraka Sultra dan pendamping di Aula Kesbangpol Sultra, Jumat (14/7). (Rahma Safitri/Kendari Pos)
UTUSAN SULTRA: Kepala Kesbangpol Sultra, Harmin Ramba (tiga dari kanan) foto bersama dua utusan Paskibraka Sultra dan pendamping di Aula Kesbangpol Sultra, Jumat (14/7). (Rahma Safitri/Kendari Pos)

--Kepala Kesbangpol: Paskibraka Terpilih Sesuai Hasil Pansel

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dua Paskibraka utusan Sultra menuju Istana Negara di Jakarta. Keduanya telah dilepas secara resmi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra). Pelepasan secara langsung dilakukan Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra, Harmin Ramba, sesuai SK Gubernur nomor 371 tahun 2023 tentang penetapan calon paskibraka nasional utusan Sultra, di Aula Kesbangpol Sultra, Jumat (14/7).

Dua anggota Paskibraka utusan Sultra tersebut adalah Wiradinata Setya Persada dari SMA Negeri 1 Baubau dan Nadira Syalvallah dari SMA Negeri 2 Baubau. Keduanya lolos setelah sukses melewati tahapan seleksi, dengan nilai terbaik.

Kepala Kesbangpol Sultra, Harmin Ramba meminta anggota Paskibraka nasional yang mewakili Sultra, supaya menunjukkan kualitasnya sebagai duta Sultra. Harus beretika baik dan berbudi luhur, serta memiliki kualitas wawasan kebangsaan yang tinggi. Tentunya prestasi yang dicapai ini, diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi anak sekolah lainnya di Sultra.

“Dipundak kalian berdua dititip harapan, untuk mengharumkan nama baik Sultra di tingkat nasional. Karena itu, dalam mengikuti pemusatan latihan, harus lebih serius dan patuhi instruksi yang diberikan. Tunjukkan kemampuan terbaikmu,” pesan Harmin Ramba usai melepas paskibraka nasional asal Sultra, Jumat (14/7).

Harmin berharap, mereka bisa terpilih menjadi struktur utama pengibar bendera pusaka. “Ini harapan kita. Bila terealisasi tentu luar biasa,” ujarnya.

Dijelaskan, terpilihnya dua wakil Sultra ini, sudah melalui tahap seleksi panjang sejak Mei 2023. Dua yang lolos, memiliki nilai tertinggi dalam setiap tahapan tes, sesuai hasil panitia seleksi (Pansel).

“Mereka yang lolos tingkat nasional sudah melakukan tes kesehatan, psikotes, PWK,TIU, PBB, Kesempataan, dan Kepribadian. Dari hasil tes itu, empat orang terpilih menjadi yang terbaik, dua nilai tertinggi (Nadira Syalvallah dan Wiradinata Setya Persada) dinyatakan lolos ke tingkat nasional sesuai SK Gubernur. Sementara, dua lainya yang menjadi cadangan, akan diberi reward sebagai pasukan utama pengibar bendera tingkat provinsi,” bebernya.

Sementara itu, Perwakilan Paskibraka Sultra, Nadira Syalvallah mengaku sangat bahagia dan haru, bisa lolos mewakili Sultra mengikuti Paskibraka di tingkat nasional.

“Dimanapun posisi yang diberikan dalam pengibaran bendera di Istana Negara nanti, saya akan tetap menunjukkan yang terbaik,” imbuhnya. (b/rah)

  • Bagikan

Exit mobile version