Kadin Sultra Bersama Pemkab Kolut Gelar Pasar Murah

  • Bagikan
Ketua Umum Kadin Sultra Anton Timbang (Kiri) didampingi Wakil Ketua Sastra Alamsyah (Kanan) bersama Pj Bupati Kolut Parinringi (Tengah) saat meninjau pergelaran pasar murah di Pasar Lacaria Kelurahan Lasusua, Senin (5/6) lalu

Kolaborasi Menekan Inflasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Perhatian Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, konsisten terawat. Berbagai cara ditempuh untuk membangkitkan perekonomian dari bayang-bayang ancaman inflasi. Salah satunya dengan menggelar pasar murah. Beberapa Kabupaten dan Kota di Sultra telah tersentuh program pasar murah yang disiasati Ketua Umum Kadin Sultra Anton Timbang.

Pj Bupati Kolut Parinringi didampingi Ketua Umum Kadin Sultra Anton Timbang (Kiri) menyerahkan beras kepada warga yang membeli di pasar murah.

Tercatat, Kota Kendari berlangsung 6-10 April dan Buton Tengah digelar 18 April 2023 lalu. Terbaru, Kadin Sultra bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara menggelar pasar murah selama lima hari mulai 5-10 Mei 2023. Anton Timbang mengatakan, kerja sama bersama Pemkab Kolaka Utara menggelar pasar murah bertujuan untuk menghidupkan perekonomian masyarakat dari resistensi ancaman inflasi. Apalagi, kata dia, saat ini masih dalam kondisi pemulihan ekonomi nasional akibat wabah covid-19.

"Kita mencoba menekan berbagai potensi inflasi. Sehingga situasi ekonomi stabil dan daya beli masyarakat juga terkendali atau tinggi. Ini goal dari gelaran pasar murah ini," kata Anton Timbang kepada Kendari Pos, Rabu (7/6). Lanjut dia, aneka jenis yang disajikan dalam pasar murah terfokus pada sembilan bahan pokok. Di antaranya beras, minyak goreng, bawang merah dan putih, garam, telur ayam, daging dan lain-lain.

Ketua Umum Kadin Sultra Anton Timbang (empat dari kanan) didampingi Pj Bupati Kolut Parinringi (lima dari kanan) saat meninjau pasar murah.

"Ancaman inflasi bisa terjadi kapan saja. Karena perputaran atau perkembangan ekonomi senantiasa dinamis dan terkadang tak menentu. Nah, dalam situasi tersebut, kita harus cerdik salah satunya melalui pasar murah ini agar harga-harga di pasaran senantiasa terkendali dengan baik," kata Anton Timbang.

Ketua Satuan Tugas Percepatan Investasi Wilayah Sulawesi itu menuturkan, pelaksanaan pasar murah di Kolaka Utara berlangsung di dua lokasi yakni Pasar Lacaria Kelurahan Lasusua dan di Kantor Camat Lasusua. "Selain kegiatan pasar murah, kami juga siap membantu dan mensupport Pemda Kolut dalam melakukan kegiatan," tutup Pria yang sering dipanggil AT itu.

Sementara itu, Pj Bupati Kolaka Utara Paringringi mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Kadin Sultra dalam menekan inflasi di Kolaka Utara. Menurutnya kegiatan pasar murah ini merupakan subsidi murni oleh Kadin Sultra.

"Sebenarnya tanpa penekanan inflasi pun Kadin Sultra dalam hal ini Anton Timbang sudah melakukan pasar-pasar murah dalam rangkaian membantu masyarakat yang betul-betul membutuhkan. Dengan adanya pasar murah ini, seiring berjalannya waktu terjadilah pertumbuhan ekonomi dan juga menekan inflasi," kata Parinringi.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sultra itu juga menyampaikan, jika kegiatan seperti ini terus dilakukan di Kolut bisa mengatasi distributor-distributor yang nakal yang sering mempermainkan harga. "Saya yakin jika kegiatan seperti ini terus dilakukan saya ras distributor tidak akan berbuat bajak yang sering mempermainkan harga seperti yang ada di pasar-pasar tentu ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan bahan pokok," tandasnya. (ali/adv).

  • Bagikan