Seminar Nasional Pusat Karir UHO Buka Peluang Beasiswa

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- UPT) Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa Universitas Halu Oleo (PK2M UHO) menggelar Seminar Nasional Pusat Karir, di Hotel Zahra Syariah Kendari, Selasa (6/6). Kegiatan ini bermaksud meningkatkan pengembangan diri sekaligus memberikan informasi beasiswa pada mahasiswa lingkup Kampus Hijau.

Rektor Universitas Halu Oleò (UHO), Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan tempat untuk berbagi ilmu. Dimana saat ini mahasiswa atau alumni dituntut mampu bersaing baik itu skala nasional maupun internasional. "Seminar ini sebagai sarana berbagi ilmu yang tentunya bermanfaat untuk kita semua. Sekarang para mahasiswa dan alumni harus bisa bersaing di seluruh Indonesia dan Internasional. Kita harus membuka mindset mahasiswa bahwa kuliah itu penting," ujarnya, saat diwawancara Kendari Pos, kemarin.

Rektor Universitas Halu Oleò (UHO), Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., (tengah), bersama pejabat terkait lingkup UHO dan peserta seminar pusat karir yang diselenggarakan UPT PK2M UHO

Ia menjelaskan, bahwa seminar tersebut bisa memberi pemahaman kepada mahasiswa terkait syarat-syarat administrasi sehingga bisa berkompetisi dengan seluruh mahasiswa indonesia hingga internasional. "Melalui kegiatan tersebut mahasiswa dapat mengetahui apa-apa syarat administrasi untuk mendaftar beasiswa di luar. Sehingga mereka juga bisa mengasah skill bahkan di luar negeri," jelasnya. Rektor UHO dua periode itu, menuturkan bahwa kini banyak peluang beasiswa. Hanya saja terkadang gugur di administrasi. "Melalui kegiatan ini, mereka akan mengetahui syarat atau ketentuan apa saja yang diperlukan dalam pendaftaran beasiswa," beber Ketua KAGAMA Sultra ini.

Tempat yang sama, Kepala UPT PK2M UHO, Dr. Sarina, S.P., M.Si mengungkapkan, tahun lalu kegiatannya menghadirkan para pengelola berbagai beasiswa seperti LPDP. "Sedangkan tahun ini kita hadirkan orangorang yang pernah mendapatkan beasiswa. Peserta yang mengikuti seminar adalah perwakilan dari setiap Fakultas UHO dan itu mahasiswa semester akhir," ungkapnya.

Seminar ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan PK2M UHO guna meningkatkan pengembangan diri dan memberi informasi beasiswa yang bisa diperoleh oleh para mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya, dengan menghadirkan nara sumber-sumber yang pernah mendapat beasiswa dari berbagai beasiswa. "Apa yang kita lakukan saat ini akan menentukan langkah kita kedepan, tidak untuk sekarang tapi beberapa tahun ke depan," kata Sarina.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan ini juga sebagai salah satu cara membuka peluang beasiswa untuk mahasiswa semester akhir yang akan segera lulus. "Diharapkan mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut dapat mengambil ilmu sebanyak-banyaknya, karena kegiatan ini juga sangat bermanfaat bagi ada depan mereka," pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan