Retribusi Wisata Puncak Wesalo Mulai Ditarik

  • Bagikan
Sulwan Sovian

KENDARINEWS.COM -- Retribusi masuk dan parkir pada wisata Puncak Wesalo di Kecamatan Lalolae akan mulai ditarik oleh pihak Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kolaka Timur (Koltim). Pengutipan dana tersebut mengacu pada peraturan daerah (Perda) nomor 7 tahun 2018 tentang penarikan retribusi daerah. Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Koltim, Sulwan Sovian, menyampaikan, mulai tanggal 1 Juni mendatang, pihaknya akan mulai dilakukan penarikan retribusi pada masyarakat yang masuk kawasan wisata Puncak Wesalo.

Sulwan mengatakan, retribusi yang dikenakan bervariasi. "Kalau berdasarkan Perda, sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 4.000 serta tiap orang Rp 1.000," rinci Sulwan, Selasa (30/5). Menurutnya, Pemkab Koltim telah menyiapkan fasilitas berupa gasebo, aula pertemuan dan sarana prasarana lainnya untuk menikmati pemandangan yang indah. Tetapi rencananya, tahun depan akan diusulkan penataan dan fasilitas tambahan untuk menunjang sarana prasarana yang sudah ada.

Ia mengaku, jika penarikan retribusi akan dilakukan oleh pihak ketiga sesuai yang tertuang dalam nota kesepahaman antara pihak Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan pengelola pariwisata tersebut. "Porsi pembagian pengelolaan, pihak ketiga 30 persen dan Pemkab mendapat 70 persen. Nah, uang retribusi tersebut akan masuk ke kas daerah Koltim. Semoga pengelolaan pariwisata di Puncak Wesalo bisa menambah pundi-pundi pendapatan asli daerah," pungkas Sulwan. (c/kus)

  • Bagikan