Bupati Kolaka Pantau Pilkades, Semua Lancar

  • Bagikan
Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei (tengah) saat melakukan pemantauan jalannya Pilkades di Desa Pesouha, kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak berlangsung di Kabupaten Kolaka, Selasa (30/5). Untuk memantau jalannya pemilihan, Bupati, H. Ahmad Safei, berkunjung ke sejumlah desa yang menggelar helatan demokrasi tersebut. Safei mengatakan, sesuai pantauan langsung yang ia lakukan pada beberapa desa, seluruhnya sudah berjalan sesuai prosedur. Kata dia, dirinya belum menemukan adanya pelanggaran atau kesalahan berarti yang dilakukan pihak panitia penyelenggara.

"Hari ini kami telah memantau jalannya Pilkades di lima desa. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan baik," ujarnya saat melakukan pemantauan pilkades di Desa Pesouha, kemarin. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan, Kolaka-1 itu meminta pihak petugas keamanan, panitia penyelanggara, serta calon Kades dan tim sukses untuk menertibkan warganya yang hendak memilih. Ia juga berpesan kepada para calon Kades untuk menerima hasil perhitungan suara.

"Kami berharap, siapapun yang terpilih, calon kades lainnya harus menerima. Karena itulah hasil pilihan. Makanya, kami ingatkan para saksi dan tim sukses untuk proaktif. Sehingga kalau ada kejanggalan langsung tegur memang. Jangan nanti selesai perhitungan baru mengadu," tutur Safei. Untuk diketahui, jumlah desa yang menggelar Pilkades serentak di Kabupaten Kolaka berjumlah 24 desa. Desa yang menggelar Pilkades itu tersebar pada delapan kecamatan. (c/fad)

24 desa yang Menggelar Pilkades Serentak :

  1. Kecamatan Wolo : Donggala.
  2. Kecamatan Samaturu : Konaweha, Lawulo, Amamotu, Lambolemo, Wowa Tamboli.
  3. Kecamatan Baula : Puuroda, Watalara, Puubenua, Puulemo.
  4. Kecamatan Pomalaa: Hakatutobu, Huko-Huko, Pesouha, Totobo, Oko-Oko.
  5. Kecamatan Tanggetada: Petudua.
  6. Kecamatan Polinggona : Puudongi.
  7. Kecamatan Watubangga : Polenga, Kastura, Langgosipi, Sumber Rejeki, Mataosu.
  8. Kecamatan Toari : Anawua dan Ranojaya.
  • Bagikan