Amawa Gratiskan Layanan Kesehatan di Puskesmas Kandai

  • Bagikan
Pj.Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu (3 dari kiri) didampingi Kepala Dinkes Kendari, drg.Rahminingrum (2 dari kiri) saat meninjau Puskesmas Kandai.

Asmawa Wujudkan Masyarakat Sehat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menunaikan komitmennya untuk mewujudkan masyarakat Kendari selalu hidup sehat dan sejahtera. Buktinya, Pj.Wali Kota, Asmawa memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat di Puskesmas Kandai.

Pj.Wali Kota, Asmawa mengatakan, layanan kesehatan gratis di Puskesmas Kandai dihadirkan dalam rangka opening Puskesmas pada Mei 2023. Layanan kesehatan gratis berlaku bagi seluruh masyarakat Kota Kendari mulai 9 Mei-9 Juni 2023.

"Masyarakat kita bebaskan dari seluruh biaya administrasi saat berobat di Puskesmas Kandai. Kebetulan saat ini masih dalam suasana peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari ke-192 jadi semua layanan kita gratiskan," ujar Pj.Wali Kota, Asmawa, Kamis (25/5), kemarin.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendari, drg. Rahminingrum mengatakan layanan kesehatan gratis berlaku untuk semua jenis layanan termasuk layanan IGD (Instalasi Gawat Darurat).

"Alhamdulillah, izin operasi Puskesmas Kandai sudah terbit. Jadi sudah bisa melayani seluruh masyarakat Kota Kendari khususnya yang berdomisili di Kecamatan Kendari dan sekitarnya. Layanan kesehatan gratis berlaku untuk semua jenis layanan,” ujar drg.Rahminingrum.

drg.Rahminigrum bersyukur lantaran Puskesmas Kandai yang dibangun menggunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sudah rampung 100 persen. "Dan Puskesmas Kandai sudah dapat melayani masyarakat," ungkapnya.

Sekedar informasi, Puskesmas Kandai dibangun menggunakan dana PEN senilai Rp14 miliar. Puskesmas Kandai berada di Kecamatan Kendari dibangun 2 lantai di atas lahan 1.242 meter persegi. Bangunannya terdiri dari ruangan rawat jalan, rawat inap, ruang gawat darurat, kebidanan dan penyakit kandungan, poli, farmasi, sterilisasi, laboratorium klinik, kantor administrasi, yang dilengkapi dengan dapur.

Puskesmas dioperasikan bukan hanya melayani masyarakat Kecamatan Kendari namun dapat melayani pasien yang berasal dari luar Kota Kendari misalnya dari Kabupaten Konawe dan Konawe Kepulauan (Konkep). (ags/b)

  • Bagikan