UPT Perpustakaan UHO Dorong Pengembangan Bidang Akademik

  • Bagikan
Suasana sosialisasi E-Journal ProQuest yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan UHO, di Same Hotel, Selasa (16/5).

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dalam rangka peningkatan dan pengembangan bidang akademik di Universitas Halu Oleo (UHO), Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan melaksanakan sosialisasi e-journal proquest, di Sama Hotel Kendari, Selasa (16/5).

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UHO, Dr. La Hamimu, S.Si., M.T., mengungkapkan bahwa dirinya mengapresiasi sosialisasi Kegiatan tersebut banyak hal yang akan didapatkan dalam sosialisasi e-journal proquest yang dilaksanakan oleh UPT Perpustakaan UHO. “Secara administrasi kita sudah langganan jurnal. Hanya saja yang belum dilaksanakan itu pemanfaatannya. Oleh karena itu digelarnya sosialisasi ini,” imbuhnya.

Ia menyebut, bahwa baru-baru ini UHO dinobatkan sebagai kampus peringkat ketiga institusi dengan jurnal terbanyak periode 2023 tingkat nasional oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaannya Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). “Oleh karena itu peserta yang hadir saat ini dapat mencermati baik-baik pemaparan materi. Sehingga ketika dari sini itu langsung diterapkan di unitnya masing-masing,” terang La Hamimu, saat membuka kegiatan.

Kepala UPT Perpustakaan UHO, Muhamad Alim Marhadi, S.Pd., M.Pd., mengatakan bahwa sejak tahun 2014 UHO sudah berlangganan e-journal. Oleh karena itu untuk efektifitas pihaknya menggelar sosialisasi terkait e- jurnal tersebut. “Selama berlangganan kita belum pernah sosialisasi, artinya kita berlangganan tetapi kita tidak dimanfaatkan. Sehingga agar bisa di gunakan itu kita lakukan sosialisasi ini,” bebernya.

Ia pun menjelaskan, bahwa tahun lalu, tepatnya 8 Desember itu dilakukan sosialisasi lewat zoom. Namun menurutnya pelaksanaan via zoom dinilai kurang efektif. “Kita menargetkan semua sifitas akademik yang ada di UHO dapat memanfaatkan jurnal internasional tersebut sebagai sumber pustakanya,” jelasnya.

Mantan Kepala UPT Keamanan UHO itu, juga menyampaikan bahwa semua unit jaminan mutu dan sistem informasi fakultas tahu bahwa mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya minimal harus menciptakan satu jurnal internasional. “Karena jurnal sangat penting dari segala aspek khususnya akreditasi. Setiap Prodi atau jurusan yang akan melakukan akreditasi itu pasti ditanyakan jurnal internasional. Diharapkan semua unit yang ada di UHO dapat memahami hal tersebut,” harapannya.

Selanjutnya, Mantan Ketua Korcab PMII Sultra ini, menambahkan bahwa setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya harus wajib menyetor jurnal internasional. “Untuk saya, ya mahasiswa wajib menyetor jurnal internasional. Adapun link e-journal UHO dapat diakses semua orang mulai dari dosen hingga mahasiswa. Dalam sosialisasi ini juga kami hadirkan pemateri yang ahli dibidangnya yakni Dwi Janto Suandaru sebagai pengelola proquest,” ucapnya.

Dijelaskan bahwa peserta sosialisasi tersebut diikuti semua wakil dekan bidang akademik, wakil direktur bidang akademik pascasarjana, Ketua Jurusan, Koordinator Prodi, ketua unit jaminan mutu dan sistem informasi fakultas dan UPT teknologi informasi. “Diharapkan bagi yang mengikuti kegiatan tersebut dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik mungkin. Sehingga setelah dari sosialisasi tersebut dapat diterapkan di unitnya masing-masing,” pungkas Alim Marhadi.(win/b)

  • Bagikan