Polres Muna Turunkan 118 Personel Amankan Arus Mudik Lebaran: Siapkan Juga Armada Gratis

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Kepolisian Resor (Polres) Muna, menerjunkan ratusan personel untuk pengamanan dan pelayanan arus mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. Sebanyak 118 personel disiagakan terbagi di 9 pos pengamanan. Polres Muna "all out" amankan arus mudik Idul Fitri 2023.

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin mengatakan, dari total personel yang dikerahkan sejumlah 118, terbagi di 9 pos pengamanan. Rinciannya, setiap pos pengamanan sekitar 19 hingga 21 personel yang berjaga. Terbanyak personel bersiaga di Pelabuhan Nusantara Raha, yang di back up personel TNI dan stakeholder lainnya.

"Pengamanan dan pelayanan bukan hanya saat arus mudik lebaran, tetapi hingga arus balik nanti. Kami akan berupaya maksimal agar para pemudik tiba dan pulang dengan selamat," kata AKBP Mulkaifin kepada kendaripos.fajar.co.id, Kamis, 20 April 2023.

AKBP Mulkaifin

Selain pengamanan dan pelayanan arus mudik lebaran, kata dia, Polres Muna juga menyiapkan dua armada gratis bagi pemudik yang tidak mendapatkan angkutan umum saat tiba dini hari di Pelabuhan Nusantara. Armada yang disiapkan, khusus bagi penumpang kapal malam yang tiba di pelabuhan diatas pukul 01.00 WITA sampai 03.00 Wita dini hari. Ketika, para penumpang tidak mendapat angkutan umum untuk ke kampung halamannya, maka personel Polres Muna yang telah ditugaskan, siap mengantar.

"Rute tujuan mengantar yakni area Kecamatan Lawa hingga Tiworo Kepulauan," ujar Mulkaifin.

Sementara itu, Kabag Ops, Akp Muh Ogen Sairi mengaku, arus mudik lebaran terpantau ramai. Data yang diperoleh dari kapal cepat dan kapal malam, jumlah penumpang dari Kendari tujuan Raha menyentuh 1.670 orang.

"Kami prediksi jumlah penumpang masih akan terus bertambah hingga H-1 Idul Fitri 1444 Hijriah," imbuhnya. (ali/KP)

  • Bagikan