Hadiah Rp100 Juta untuk Hafiz Internasional

  • Bagikan
Gubernur Sultra, Ali Mazi (kiri) memberikan hadiah atau reward kepada Hafiz Qur'an Internasional asal Sultra, Achmad Fais Fikri (kanan), Kamis (13/4). Achmad Fais Fikri diberi reward dana pembinaan Rp100 juta atas prestasinya meraih juara I MHQ internasional di Thailand pada Maret 2023. (PEMPROV SULTRA)


--Gubernur Beri Reward kepada Achmad Fais Fikri

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Hafalan Al-Qur'an paripurna yang dilantunkan Achmad Fais Fikri memesona juri di pentas Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) internasional atau Musabaqah Hifdzil Al-Qur'an (MHQ) internasional di Thailand, Maret lalu. Hafiz Qur'an asal Sultra itu berhasil menyabet juara I. Prestasi Achmad Fais Fikri di panggung internasional itu sampai ke telinga Gubernur Sultra, Ali Mazi. Gubernur pun memberi reward Rp100 juta sebagai dana pembinaan.

Seremoni penyerahan hadiah itu digelar di Rumah Jabatan Gubernur, Kamis (13/4), kemarin. Bagi Gubernur Ali Mazi, dana pembinaan yang diberikan kepada hafiz Qur'an internasional asal Sultra itu bentuk apresiasi Pemprov Sultra atas jasa dan prestasi putra terbaik Sultra yang mengharumkan nama daerah.

"Juara I yang dipersembahkan ananda Achmad Fais Fikri di panggung MTQ internasional merupakan prestasi luar biasa dan kado indah untuk HUT ke-59 Sultra sekaligus persembahan prestasi untuk bangsa Indonesia," kata Gubernur Sultra, Ali Mazi, Kamis (13/4), kemarin.

Dia menjelaskan, prestasi ini tidaklah mudah diraih, sebab Achmad Fais Fikri yang mewakili Indonesia di pentas dunia itu harus bersaing dengan seluruh perwakilan negara-negara lain yang tentu juga luar biasa.

"Pemberian dana pembinaan ini harus dijadikan motivasi untuk memperoleh prestasi yang lebih baik lagi. Selain itu, reward ini bisa menjadi rangsangan untuk hafiz dan hafizah Sultra lainnya agar mampu meraih prestasi yang sama dan mengharumkan nama Sultra dipanggung nasional dan internasional," ungkap Gubernur Ali Mazi.

Terpisah, Kepala Biro (Karo) Administrasi, Kesra dan Kemasyarakatan Setda Sultra, La Ode Muhammad Rickhzal Putra menjelaskan, Achmad Fais Fikri mewakili Indonesia pada ajang MTQ tingkat internasional di Thailand dan meraih prestasi terbaik, juara I.

"Ananda Achmad Fais Fikri mewakili Indonesia pada lomba hafalan Al-Qur'an 30 Juz. Atas prestasi itu, Gubernur Sultra menyerahkan reward berupa dana pembinaan sebesar Rp100 juta," kata Muhammad Rickhzal Putra di ruang kerjanya, Kamis, kemarin.

MTQ tingkat internasional merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan diberbagai negara di dunia. Kementerian Agama (Kemenag) melihat peserta-peserta yang memiliki prestasi ditingkat nasional untuk direkrut dan ditunjuk mewakili Indonesia.

"Ananda Achmad Fais Fikri ini sebelumnya meraih prestasi juara harapan II MTQ nasional di Banjarmasin tahun 2022. Atas prestasinya itu, Achmad Fais Fikri ditunjuk pemerintah pusat untuk mewakili Indonesia di MTQ internasional di Thailand dan berhasil meraih juara I," ujar Muhammad Rickhzal Putra.

Sebelumnya, Achmad Fais Fikri mengaku tak menyangka berhasil meraih juara I pada ajang internasional tersebut. Buah hati pasangan Usman Lanna dan Muliyana itu sangat bersyukur atas Rahmat Allah SWT sehingga dapat meraih prestasi bergengsi itu. “Alhamdulillah. Sebenarnya saya tidak menyangka bisa menjadi terbaik pertama dari 6 negara pada kategori 30 juz,” ujar remaja kelahiran Kendari 25 Juni 2007 itu.

Bagi Achmad Fais Fikri, prestasinya itu akan menjadi penyemangat untuk terus menunjukkan prestasi terbaik sebagai seorang tahfiz dan pemacu semangat untuk terus belajar. "Dengan prestasi ini, saya berharap kedepan bisa lebih baik lagi dan bisa mengikuti event-event MHQ International lainnya di seluruh dunia,” tutup santri Pondok Pesantren Tahfidzh Alquran Al-Hudzaifiyyah itu. (rah)

  • Bagikan