TPQ RRI Tingkat Nasional ke-53 Bakal Dibuka Wamenag RI

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pekan Tilawatil Quran (TPQ) RRI Tingkat Nasional ke-53 bakal berlangsung di Kawasan Tugu Religi Persatuan Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Event Nasional Tahunan Lembaga Penyiaran Publik RRI itu akan berlangsung tanggal 1 – 6 April 2023, diikuti kafilah dari seluruh Satker RRI se-Indonesia. Rencananya, kegiatan bakal dibuka Wakil Menteri Agama H. Zainut Tauhid Sa’adi.

Direktur Utama LPP RRI I. Hendrasmo mengatakan, Event PTQ merupakan salah satu bentuk layanan publik LPP RRI yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Kantor LPP RRI yang berjumlah 72 Satker/Satuan Kerja, yang antara lain bertujuan menyambut dan menyemarakan bulan suci Ramadhan.

“PTQ tahun ini mengambil thema ‘Mewujudkan Masyarakat Toleran Berkarakter Qur’ani Untuk Indonesia Kuat. Penetapan tema ini sebagai pengingat bagi setiap anak bangsa untuk tetap mewarisi dan merawat kebhinekaan sebagai komitmen Bersama membangun Indonesia yang bermartabat, adil, Makmur dam sejahtera sebagaimana cita-cita Bangsa Indonesia," kata Hendrasmo.

Selain untuk menyemarakkan bulan Ramadhan, pada PTQ tahun ini RRI juga masih mengusung kegiatan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi (UMKM) serta kearifan lokal dengan berbagai karya nyata yang dapat diperlihatkan dalam berbagai kegiatan dan pameran selama berlangsungnya PTQ.

“PTQ RRI ke-53 tahun 2023 ini merupakan pelaksanaan pertama setelah pandemi Covid-19 dan pencabutan PPKM oleh Pemerintah. Oleh karena itu dalam pelaksanaannya tidak boleh lalai, tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat serta patuhi semua peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya yang menyangkut Kesehatan,” ujar Hendrasmo.

Sementara itu Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha, Yonas Markus Tuhuleruw menambahkan, bahwa PTQ RRI terselenggara atas kolaborasi dari berbagai pihak, diantaranya Pemprov Sulawesi Tengara dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Direktur Utama LPP RRI I. Hendrasmo (kedua dari kanan) menggelar konferensi pers pelaksanaan TPQ RRI Tingkat Nasional ke-53 di Claro Kendari.

“Kami bersyukur dapat melakukan kolaborasi dengan Kementrian Agama, dimana PTQ RRI tahun ini untuk dewan Hakim dan Panitera ditetapkan, ditunjuk dan di sumpah oleh Kementerian Agama. Selain itu dari 4 katagori lomba, katagori Tartil Qur'an khusus Bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Netra Putra-putri yang tahun ini dilaksanakan untuk tahun ke-2 jumlah pesertanya bertambah. Sementara 3 katagori lomba yang tiap tahun dilombakan yaitu kategori lomba Tilawah, Tahfidz dan Tausiah”, ungkap Yonas.

“Dari tahun ketahun pesertanya terus bertambah, termasuk katagori lomba baru untuk para saudara kita penyandang disabilitas, tahun ini pesertanya juga signifikan diikuti oleh para pelajar berusia muda dan kaum milenial”, tambah Yonas.

PTQ RRI Tahun ini secara total diikuti sekitar 3.815 peserta dari seluruh Indonesia atau naik sekitar 29 % bila disandingkan dari pelaksanaan Tahun 2022 yakni 3.085 peserta, dengan meloloskan sebanyak 214 finalis yang akan tampil di babak final di Kendari. (KP)

  • Bagikan