Tiga Bulan, 3.000 Blangko KTP di Wakatobi Habis

  • Bagikan
KTP

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Ketersediaan stok blangko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) memang sangat penting. Makanya, pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi selalu memerhatikan ketersediaan kepingan tersebut, sebelum kehabisan. Pasalnya, animo masyarakat yang melakukan perekaman KTP-el pada tahun ini cukup meningkat. Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan pada Disdukcapil Wakatobi, Condo, menyebutkan, sepanjang Januari hingga Maret sudah sekitar 3.000 blangko habis terpakai. Rata-rata warga yang melakukan perekaman KTP adalah pemilih pemula atau yang baru cukup umur.

“Kalau untuk sekarang stok blangko KTP kita masih aman. Diupayakan sebelum kehabisan sudah lakukan permintaan. Sehingga kalau misalnya sempat habis itu tidak lama, stok sudah ada lagi. Ini saja selama tahun 2023 ini sudah sekitar 3.000 yang habis,” ungkapnya, Kamis (30/3). Condo menambahkan, saat ini pelayanan masih tetap dibuka seperti biasa. Meskipun pada bulan Ramadan, pelayanan tetap berjalan normal. “Iya masih normal. Banyak juga masyarakat yang datang ke kantor melakukan pengurusan. Bukan hanya KTP tapi dokumen-dokumen lainnya,” tambahnya.

Condo berharap warga yang ingin melakukan pengurusan dokumen penting tersebut, bisa mendatangi kantor Disdukcapil Wakatobi di Pulau Wangi-Wangi. Terkhusus tiga pulau lainnya, Kaledupa, Tomia dan Binongko, akan dilakukan pelayanan keliling. “Kalau pelayanan keliling sudah kita lakukan di Pulau Binongko. Baru-baru ini juga di Kaledupa kita sudah selesai buka pelayanan. Sekarang tinggal kita jadwalkan buka pelayanan di Tomia,” pungkasnya. (c/thy)

  • Bagikan