PTQ Tingkat Nasional Dimulai Besok, Panitia Harap Dibuka Presiden

  • Bagikan
Yonas Markus Tuhuleruw

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Tingkat Nasional ke- 53 tahun 2023, di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) siap digelar. Pelaksanaannya dipusatkan di Pelataran Eks MTQ Kendari. Mulai 1 April hingga 6 April 2023 mendatang. Panitia mematangkan persiapan. Hal ini terlihat, saat Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha LPP RRI yang juga sebagai Ketua Panitia PTQ, Yonas Markus Tuhuleruw meninjau langsung lokasi venue di Eks MTQ Kendari.

Ada beberapa lomba yang akan diselenggarakan dalam PTQ ke 53 ini. Seperti lomba tilawah, tahfiz, tausiyah dan Tartil Quran Bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Netra. Yonas mengungkapkan, PTQ merupakan kolaborasi dan sinergi antar tiga pihak. Yakni, RRI sebagai penyelenggara, Pemprov Sultra sebagai tuan rumah dan didukung Kementerian Agama (Kemenag) RI. “Sesuai rapat semalam, persiapan dari sisi venue on the track. Diharapkan sebelum pembukaan 1 April sudah tuntas. Baik dalam persiapan venue pembukaan, venue pelaksanan kegiatan dan penutupan,” ungkap Yonas, kemarin.

Lanjut dia, pelaksanaan lomba bakal berlangsung di empat titik venue. Seperti di Tugu Persatuan Eks MTQ, Masjid Al Alam, Masjid Al Kautsar Kendari dan Balai Kota Kendari. “Untuk kesiapan peserta, secara bertahap datang. Paling lama besok (hari ini) semua sudah tiba. Perlombaan ini antar Satker, tapi mewakili kabupaten/kota dan provinsi. Pesertanya 200 sampai 300 orang. Karena ada empat jenis lomba, masing- masing putra dan putri,” bebernya.

Dari sisi dewan hakim dan panitera yang berasal dari Kemenag, semuanya sudah siap 100 persen. “Dari sisi kesiapan dewan hakim dan panitera, itu semua dari Kementerian Agama. Mereka sudah siap 100 persen. Peserta juga oke 100 persen siap,” terangnya. Sekadar informasi, hingga kemarin, pihak panitia masih melakukan koordinasi dengan sekretariat Presiden. Panitia berharap Presiden Jokowi ada waktu membuka kegiatan PTQ di Bumi Anoa. (b/ags)

  • Bagikan