Pemkot Kendari Gelar Lomba Kebersihan Antar OPD, Camat, dan BUMN

  • Bagikan
Asisten III Setda Kota Kendari, Makmur (kedua dari kiri) didampingi Kepala Dikmudora Kendari, Saemina (ketiga dari kiri) beserta jajaran sempatkan foto bersama usai penilaian lomba kebersihan antar OPD se-Kota Kendari, kemarin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar lomba kebersihan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kantor Kecamatan, dan BUMN. Lomba dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota ke-192. Ketua Lomba Kebersihan Antar OPD, Makmur mengatakan, pelaksanaan lomba kebersihan merupakan, salah satu rangkaian peringatan HUT ke-192 Kota Kendari Dalam lomba kebersihan kali ini, pihaknya akan menilai seluruh OPD, Kantor Kecamatan, dan lembaga BUMN yang ada di Kota Kendari.

Tujuannya, agar seluruh layanan masyarakat bisa memastikan kebersihan lingkungan tetap terjaga, sehingga menciptakan kenyamanan dalam pelayanan. “Tujuan akhir dari penilaian ini adalah membiasakan kantor bersih dan bisa senyaman mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Makmur, usai menilai Kantor Dikmudora Kota Kendari, kemarin.

Asisten III Sekretariat Kota Kendari ini menambahkan, terdapat tujuh indikator penilaian lomba, diantaranya, kebersihan area kantor, kebersihan drainase, Ruang Terbuka Hijau (RTH), pemilahan sampah, serta penanganan dan pengurangan sampah. “Setelah dipantau aman, diberikan nilai. Range nilainya 0 - 50 poin dan 51 - 100 poin. Jika dapat nilai 0 - 50 poin akan mendapatkan bendera hitam, sementara nilai 51 - 100 poin akan mendapatkan bendera putih. Pemberian bendera hitam atau putih akan berpengaruh terhadap kinerja kepala OPD maupun Camat,” kata Makmur.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dikmudora Kendari, Saemina menyambut baik pelaksanaan lomba kebersihan tahun ini. Menurutnya, lomba ini sangat positif dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan. “Kami sudah melaksanakan beberapa perbaikan. Misalnya, pada bagian pelataran dan pengelolaan sampah. Kami optimis bisa memenangkan lomba ini. Semua gotong royong membersihkan lingkungan,” imbuhnya. (b/ags)

  • Bagikan