Pemkot Gelar Pesantren Cilik se-Kota Kendari

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari diwakili Asisten III Sekretariat Kota Kendari, Makmur (berdiri, delapan dari kiri) sempatkan foto bersama jajaran dan Guru TK/PAUD usai membuka kegiatan Pesantren Cilik di Masjid Agung Al-Kautsar Kendari, kemarin.

Mewujudkan Generasi Islami

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Momentum Ramadan 1444 Hijriyah dimanfaatkan Pemkot Kendari untuk meningkatkan kualitas generasi muda daerah. Itu diwujudkan lewat Program Pesantren Cilik yang digelar di Masjid Al - Kautsar Kendari, kemarin. Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari yang diwakili Asisten III Sekretariat Kota Kendari, Makmur menyambut baik pelaksanaan pesantren cilik tahun ini.

Pasalnya, penyelenggaraanya bertepatan dengan momentum Ramadan 1444 Hijriyah. Lanjut dia, penyelenggaraan pesantren cilik ini, menjadi salah satu bagian dari ekspresi dan implementasi kegiatan pendidikan, yang selama ini diinisiasi Dinas Pendidikan dan Kepemudaan (Dikmudora) Kota Kendari, yang terus mendorong terwujudnya program Kendari Bergerak dalam aspek pendidikan. Termasuk mewujudkan generasi Islami.

Makmur juga mengapresiasi, unsur pendukung kegiatan pesantren cilik ini. Khususnya pada satuan tingkat pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) “Dengan ketersediaan sarana-prasarana, kemudian berkolaborasi dengan pemerintah pusat melalui DAK (Dana Alokasi Khusus) Fisik dan BOP (Bantuan Operasional Pendidikan), insyaallah kegiatan ini bisa berjalan dengan baik,” kata Makmur.

“Pemerintah Kota Kendari juga akan terus mengupayakan pembiayaannya melalui DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) Dikmudora Bidang PAUD, sehingga bisa menjamin kelancaran kegiatan,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kelompok Kerja Kepala Taman Kanak-Kanak (KKKTK) Kota Kendari, Hadriani mengatakan, pesantren cilik dilaksanakan untuk memotivasi anak. Dalam pesantren cilik, anak diajarkan ilmu dasar Agama Islam, penanaman nilai agama, budi pekerti, moral, intelektual, akidah, sifat nabi, baca tulis hijaiyah, bacaan surat pendek, hadits dan doa-doa. “Karena pesertanya cukup banyak, kegiatan dilaksanakan di masing-masing sekolah. Kami harap melalui kegiatan ini, bisa mencetak generasi Islami yang bisa menjadi pemimpin bangsa selanjutnya,” imbuhnya. (ags/b)

  • Bagikan