Kimia FMIPA UHO Optimis Raih Akreditasi Unggul

  • Bagikan
Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA UHO tengah praktik di laboratorium fakultas tersebut

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Halu Oleo (FMIPA UHO) terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui penguatan akademik dan pelayanan mahasiswa di jurusan. Dalam waktu dekat ini, jurusan tersebut akan diasesmen lapangan oleh tim akreditasi. Ketua Jurusan Kimia FMIPA UHO, La Ode Ahmad, S.Si., M.Si, Ph.D., mengatakan bahwa saat ini, jurusan yang dipimpinnya terakreditasi A, sehingga pihaknya berharap akreditasi tersebut bisa meningkat ke akreditasi unggul. "Kita mengusulkan reakreditasi dari A ke unggul, semoga kita bisa raih hal tersebut," ujarnya.

Ia mengungkap pihaknya belum mengetahui kepastian waktu pelaksanaan asesmen. Kemungkinan besar dalam waktu dekat ini. "Pastinya ami sudah siap asesmen, kita juga optimis raih unggul," beber La Ode Ahmad.

Adapun dokumen pendukung maupun sarana dan prasarana sudah dipersiapkan jauh hari. Sehingga tidak ada kendala sama sekali dalam asesmen nantinya. "Kalau persiapan kita sudah seratus persen. Kita tunggu dikunjungi saja dari tim asesmen lapangan," ucapnya.

La Ode Ahmad pun berharap tahun ini Jurusan Kimia dapat meraih akreditasi unggul. "Istilah akreditasi dulu itu mulai dari A hingga C. Sekarang sudah berubah menjadi baik hingga unggul, inilah yang akan akan kita ubah menjadi unggul. "Saya sangat berharap unggul. Apalagi dilihat dari sarana maupun prasarana kita itu cukup memadai. Akreditasi juga sangat penting sekali untuk keberlangsungan lembaga. Salah satunya untuk menjamin kualitas dan mutu dari lulusan dari perguruan tinggi," harapannya.

Ia menambahkan bahwa salah satu pengaruh akreditasi jurusan terhadap dunia kerja adalah meningkatkan penerimaan mereka sebagai karyawan. Sebab dikenal sebagai alumni yang sudah terbiasa dengan standar tinggi dalam menempuh pendidikan yang kemudian diterapkan saat bekerja. "Akreditasi juga mencerminkan kualitas pendidikan," pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan