Dapil Tetap, Pembagian Kursi Berubah

  • Bagikan
Ketua KPUD Kolaka, Kamal Baddu (pegang mic) saat menghadiri sosialisasi dan evaluasi tahapan penyusunan dapil dan alokasi kursi, di MR Coffee Kolaka, kemarin malam.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) kabupaten/kota pada pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 telah ditetapkan, termasuk di Kabupaten Kolaka. Di Bumi Mekongga, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat mulai melakukan sosialisasi.

Ketua KPUD Kolaka, Kamal Baddu mengungkapkan, untuk di Kabupaten Kolaka, tak ada perubahan dapil. Kata dia, pembagian dapil untuk pemilu 2024 masih sama dengan saat pemilu 2019 lalu. Dimana 12 kecamatan yang ada di Bumi Mekongga dibagi menjadi empat dapil.

"Untuk dapil masih sama. Tidak ada penambahan. Dapil 1 itu Kolaka dan Latambaga, dapil 2 meliputi Wundulako, Baula, dan Pomalaa, dapil 3 adalah Tanggetada, Polinggona, Watubangga, dan Toari, serta dapil 4 yaitu Iwoimendaa, Wolo, dan Samaturu," ungkap Kamal saat menghadiri sosialisasi dan evaluasi tahapan penyusunan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kolaka pada pemilu tahun 2024, di salah satu cafe di Kelurahan Lamokato, Kecamatan Kolaka, Senin malam (20/3).

Meskipun tak ada perubahan dapil, namun kata Kamal, pada pemilu tahun 2024 nanti ada perubahan pembagian kursi di dua dapil. Adapun dua dapil yang mengalami perubahan pembagian kursi tersebut adalah dapil 2 dan dapil 4.

"Dapil 2 pada pemilu sebelumnya ada 9 kursi yang diperebutkan oleh calon legislatif, kini tersisa 8 kursi dan dapil 4 yang dulunya hanya 6 kursi, sekarang bertambah menjadi 7 kursi. Sedangkan untuk dapil 1 dan 3 tak ada perubahan. Dapil 1 masih tetap 9 kursi. Begitupun dengan dapil 3 yang juga tetap 6 kursi," bebernya.

Kamal mengatakan, bahwa perubahan pembagian kursi di dua dapil tersebut, disebabkan oleh perubahan jumlah penduduk. "Jadi, jumlah penduduk di dapil 4 itu pertumbuhannya lebih cepat dibanding dengan dapil 2. Makanya, alokasi kursi itu dialihkan ke dapil 4," jelasnya. 

Untuk diketahui, pada kegiatan sosialisasi tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Kolaka Syaifullah Halik, Asisten I Setda Kolaka Muhammad Bakri, Kadis Kominfo Kolaka I Nyoman Suastika, serta sejumlah pengurus partai politik. Sebelumnya, KPUD Kolaka juga telah menggelar kegiatan tersebut di Pantai Kalomang, Kecamatan Watubangga pada Minggu (19/3) lalu. Selain dihadiri Ketua Bawaslu Kolaka Juhardin, saat itu sosialisasi tersebut juga dihadiri pantia pemilihan kecamatan (PPK) yang ada di Kabupaten Kolaka. (fad)

  • Bagikan