Rp 2 Miliar dari Pemprov untuk Konektivitas Penerbangan

  • Bagikan
Upaya Pemkab Wakatobi untuk kembali menghadirkan layanan penerbangan di Bandara Matahora, terus dilakukan. Termasuk meminta bantuan keuangan dari Pemprov Sultra untuk konektivitas penerbangan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Upaya Bupati Wakatobi, Haliana, untuk mengaktivasi kembali penerbangan di Bandara Matahora, mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra). Sejak tahun lalu, Pemprov Sultra telah memberikan bantuan keuangan untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam rangka konektivitas penerbangan. Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Nurbahtiar tahun lalu bantuan keuangan dari Pemprov Sultra senilai Rp 1,5 miliar untuk konektivitas penerbangan. Bantuan tersebut kembali diberikan tahun ini dengan anggaran sebesar Rp 2 miliar.

“Dari Pemprov Sultra ada bantuan keuangan senilai Rp 1,5 miliar dalam rangka konektivitas penerbangan pada tahun 2022 lalu. Kalau tahun 2023 sebesar Rp 2 miliar. Tahun lalu sudah masuk ke kas daerah. Kalau tahun ini sudah ada di APBD Pemprov Sultra, tinggal menunggu realisasinya,” terang Nurbahtiar, Jumat (17/3). Ia melanjutkan, nominal tersebut ada di APBD Pemprov dan masuk sebagai bantuan keuangan. Pemkab Wakatobi yang akan mencairkan anggaran tersebut, namun dicantumkan sebagai pendapatan bantuan keuangan dari Pemprov Sultra.

“Di sini yang mencairkan anggarannya. Tetap dicantumkan ada pendapatan bantuan keuangan dari Pemprov kemudian belanjanya digunakan untuk apa, sesuai dengan penggunaan dari mereka,” tambahnya. Untuk diketahui, bantuan tersebut merupakan usulan proposal dari Pemkab Wakatobi ke Pemprov Sultra. “Kalau ini kita mengajukan permohonan bantuan keuangan. Mereka menelaah di APBD sesuai kemampuan keuangan Pemprov berapa yang bisa dibantu. Alhamdulillah tahun ini kita dibantu Rp 2 miliar,” pungkasnya. (b/thy)

  • Bagikan