Puskesmas Kandai Digagas Jadi Faskes Pariwisata

  • Bagikan
Tampak Puskesmas Kandai yang masih dalam proses pembangunan. Sesuai target dan batas akhir adendum, harus tuntas Maret ini

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemkot Kendari mengebut pengerjaan Puskesmas Kandai. Progresnya sudah mencapai 90 persen. Rencananya, puskesmas tersebut akan dijadikan Fasilitas Kesehatan (Faskes) Pariwisata.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendari, drg. Rahminingrum mengatakan, konsep Faskes Pariwisata melekat pada Puskesmas Kandai. Karena lokasinya strategis, berada di sisi Teluk Kendari. “Dari sisi lokasi (Puskesmas Kandai), viewnya sangat bangus yakni laut dan Jembatan Teluk Kendari (JTK). Kami harap Puskesmas Kandai menjadi Puskesmas Pariwisata,” ungkap drg. Rahminingrum, kemarin.

Rahminingrum tak menampik, jika proses pembangunannya mengalami keterlambatan. Hal ini dipengaruhi oleh faktor cuaca dan beberapa kendala teknis lainnya. Kendati demikian, Pemkot mengupayakan Puskesmas Kendari bisa rampung sesuai batas adendum yang diberikan hingga Maret ini. Sekadar informasi, Puskesmas Kandai dibangun menggunakan dana PEN senilai Rp 14 miliar. Puskesmas Kandai berada di Kecamatan Kendari, dibangun dua lantai dibatas lahan 1.242 m². Bangunannya, terdiri dari ruangan rawat jalan, rawat inap, ruang gawat darurat, kebidanan dan penyakit kandungan, poli, farmasi, sterilisasi, laboratorium klinik, kantor administrasi, yang dilengkapi dengan dapur. Jika tuntas tahun ini, maka puskesmas akan segera dioperasikan untuk mengobati maupun merawat pasien yang ada di wilayah sekitar. Bukan hanya itu, Puskesmas Kandai juga bisa melayani pasien dari luar Kota Kendari. Misalnya dari Kabupaten Konawe dan Konawe Kepulauan. (b/ags)

  • Bagikan