Pemkab Wakatobi Upayakan Transportasi Murah untuk Distribusi

  • Bagikan
H. Haliana

80 Persen Pangan dari Luar Daerah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Bupati Wakatobi, H Haliana mengajak pihak terkait terutama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi untuk saling bekerja sama dalam menuntaskan seluruh masalah-masalah yang ada di masyarakat saat ini. Salah satunya adalah terkait inflasi. Sebelumnya, Haliana memaparkan data pada tanggal 6 Februari 2023 yang menyebut inflasi Kabupaten Wakatobi mencapai 5,5 persen. Permasalahan ini sangat penting, dari data Badan Ketahanan Pangan Nasional Kabupaten Wakatobi tahun 2021 ketersediaan pangan di daerah itu hanya 20,6 persen.

“Artinya sebanyak 80 persen yang telah dikonsumsi saat ini adalah bersumber dari luar daerah Wakatobi. Ini menjadi tugas kita semua menciptakan bahan pangan terjangkau dan cukup serta distribusi yang merata,” kata Haliana, kemarin. Ia juga telah menekankan, salah satu yang diamanatkan dan diinstruksikan Presiden, Joko Widodo yakni bila saja transportasi pada suatu daerah itu mahal, maka semestinya dan wajib bagi Pemerintah Kabupaten harus melakukan subsidi.

“Sehingga transportasi murah di Wakatobi menjadi hal yang mutlak dan wajib untuk diadakan oleh Pemkab,” tambahnya. Kendati demikian, Wakatobi-1 tersebut tak bisa mungkiri dengan hadirnya transportasi murah melahirkan juga pro dan kontra. “Namun misi kita untuk adalah menciptakan kenyamanaan. Pemkab Wakatobi terus berupaya meningkatkan daya beli masyarakat,” beber Haliana.

Ia juga tak lupa mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak terkait yang hingga kini telah bekerja keras demi kemajuan Kabupaten Wakatobi. Wakatobi-1 itu berharap, dengan kerja sama yang baik bisa menyelesaikan satu persatu masalah yang ada di daerah. (c/thy)

  • Bagikan