ITK Avicena Gelar Wisuda ke -XXVIII

  • Bagikan
Prosesi wisuda yang digelar oleh ITK Avicena Kendari. Sebanyak 89 orang dari berbagai program studi mengikuti wisuda yang berlangung. Tampak Rektor ITK Avicena, Prof.Dr.H.Ansharullah,M.Sc, sedang mewisuda para mahasiswa.
  • Siap Cetak SDM Profesional

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- ITK Avicena Gelar Wisuda ke -XXVIII - Siap Cetak SDM Profesional Kontribusi Institut Teknologi Kesehatan (ITK) Avicena Kendari, sudah tidak diragukan lagi. Berapa ribu SDM telah dipersembahkan untuk berpranserta dalam menciptakan kesehatan bagi masyarakat di Sulawesi Tenggara. Kemarin, Kamis (23/2/2023) ITK Avicena yang sebelumnya berstatus sekolah tinggi ini, kembali mewisuda 89 orang mahasiswanya.

Prosesi wisuda ini dihadiri pihak dari LL DIKTI Wilayah IX Sultan Batara yang mensuport ITK Avicena untuk lebih maju lagi. Rektor ITK Avicena Kendari, Prof.Dr.Ir.H.Ansharullah, M.Sc, memaparkan dalam sambutannya sebelum prosesi wisuda dilakukan, dari 89 mahasiswa yang diwisuda berasal dari berbagai program studi. Yakni : 23 orang untuk profesi ners, 23 orang S1 Keperawatan selebihnya D3 keperawatan, D3 kebidanan, Kesehatan Masyarakat, gizi dan farmasi. "Kami memiliki dua fakultas yaitu untuk sains ada 4 program studi.

Kemudian untuk Ilmu kesehatan ada 6 program studi. Demikian untuk dosen pengajar total 127 orang dimana 102 adalah dosen tetap dan saat ini kami memiliki mahasiswa aktif 404 orang," terang Prof. Ansharullah yang belum genap 1 bulan dilantik menjadi rektor ITK Avicena ini. Menurutnya sebagai sekolah pencetak tenaga kesehatan, dirinya akan berjuang bersama SDM yang ada untuk terus memajukan ITK Avicena. Dimana baginya kualitas lulusan merupakan salah satu target agar output dari Avicena bisa diakui masyarakat. "Kualitas ilmu kalian akan diuji di masyarakat. Jadi pertahankan profesional dan kualitas kalian," tegasnya.

Demikian diungkapkan Ketua Yayasan ITK Avicena, dr.H.Ansar Sangka,MM, bila besar harapannya melalui rektor baru, agar ITK Avicena bisa berjaya seperti sebelumnya. Apalagi yang bersangkutan merupakan seorang tenaga pendidik dan profesor serta mantan pejabat yang sudah tidak diragukan kemampuan dan jejaringnya saat masih menjadi dosen di sebuah PTN terbesar di kota ini. "Bagi kami kehadiran sebuah perguruan tinggi swasta merupakan kompetitor yang positif. Untuk itu kami juga harus memiliki kelebihan untuk mendapat kepercayaan masyarakat dalam mencetak SDM," paparnya.

Kepala LL DIKTI Wilayah IX Sultan Batara, Andi Lukman, yang diwakili Dr.Usman juga memberikan suport ITK Avicena. Menurutnya sebuah perguruan tinggi dikatakan sehat apabila setiap tahunnya masih mewisuda mahasiswanya. "Ini ITK Avicena memenuhi persyataran semua itu. Sehingga ITK Avicena termasuk PTS yang sehat dan taat, sehingga bagi masyarakat silahkan kuliahkan putra- putrinya di ITK Avicena," tegas Dr.Usman dihadapan mahasiswa, undangan dan orang tua yang hadir.

Menurut Dr. Usman, ITK Avicena harus terus berpacu untuk membesarkan kampus mereka. "Jadilah perguruan tinggi yang unggul dan terdepan, untuk mendapat kepercayaan dari masyarakat. Kami memberikan rekomendasi untuk membuka prodi baru sebagai pengembangan kedepannya," pintanya memberikan suport kepada pejabat dan para dosen. Turut hadir Kepala BPSDM Sultra, Syahruddin Nurdin, mewakili gubernur.

Dalam sambutannya Ia menyebutkan bila salah satu misi dari kepemerintahan saat ini adalah memajukan pendidikan dan kesehatan. "Avicena adalah salah satu mitra kami dalam menyediakan tenaga kesehatan. Untuk itu silahkan tingkatkan kualitas SDM profesional. Karena saat ini pemerintah sedang membuka rumah sakit baru yang tentunya membutuhkan banyak tenaga kesehatan, dan ini peluang bagi alumni ITK Avicena dan beberapa lembaga pendidikan pencetak tenaga kesehatan lainnya," pungkasnya. (lis/adv)

  • Bagikan