PBB Gaungkan Biaya Kuliah Gratis

  • Bagikan
Ketua DPW PBB Sultra Ruksamin (Keempat dari kiri) bersama pengurus PBB Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Bulan Bintang (PBB) Sultra menggaungkan pendidikan gratis bagi mahasiswa. Ketua DPW PBB Sultra, Ruksamin menilai pendidikan gratis bagi mahasiswa sangat esensial.

Selain membantu meringankan beban orang tua mahasiswa, juga bagian dari tanggungjawab pemerintah daerah dalam mencerdaskan generasi muda sebagaimana amanat UUD 1945 alinea keempat; mencerdaskan kehidupan bangsa. “Pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan mendorong kemudahan mahasiswa dalam berprestasi. Tentu ini bagian dari proses menciptakan generasi cemerlang sebagai pelanjut tongkat estafet kepemimpinan masa depan daerah maupun bagi bangsa dan negara,” kata Ruksamin kepada Kendari Pos, Senin (20/2).

Bupati Konawe Utara itu mengatakan, beasiswa pendidikan buat mahasiswa menjadi salah satu misi unggulan PBB yang dimandatkan kepada seluruh kader khususnya yang bertarung di Pemilihan Legislatif (Pilcaleg), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), maupun Pemilihan Gubernur (Pilgub). “Muaranya agar orang tua mahasiswa tidak lagi resah atas biaya kuliah. Atau tidak lagi menjual sapi, perahu, kebun, ataupun sejenisnya demi membiayai kuliah anak-anaknya. Semua bisa ditanggung pemerintah secara gratis,” ujarnya.

Program unggulan lainnya, jika PBB kampiun di pemilu 2024, kata dia, menyediakan fasilitas penunjang seperti laptop setiap guru di Sultra. Hal itu untuk meningkatkan produktivitas guru dalam mengedukasi murid maupun siswa. “Di zaman teknologi saat ini, kebutuhan terhadap laptop untuk para guru sangat vital. Karenanya, pemerintah harus mendukung para guru agar optimal dalam mengajar dengan penyediaan laptop secara gratis,” bebernya. (ali/b)

  • Bagikan