Bank BTN Target Pembangunan 200 Ribu Unit Rumah Bersubsidi

  • Bagikan
BM Bank BTN Kendari, Astaufiq (lima dari kanan) Sekda Kota Kendari Dr.Ridwansyah Taridala (enam dari kanan) BM Bank BTN Syariah Kendari Wahyudi Dahlan (tuju dari kanan) serta sejumlah mitra Bank BTN di Wilayah Kendari.

Kendari Sambut HUT Dengan Jalan Sehat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tanggal 9 Februari 2023, Bank BTN genap berusia 73 tahun, di semua daerah perayaan dilakukan di masing-masing cabangnya. Di usianya yang sudah terbilang matang melayani masyarakat dalam membangun hunian, tahun 2023 ini secara nasional, Bank BTN dengan slogan 73 tahun Bakti BTN untuk Rumah Indonesia,menargetkan membangun 200 Ribu unit rumah di Indonesia. Demikian di Sultra ditargetkan bisa membangun lebih banyak lagi dibanding realisasi tahun 2022 yang mencapai 3.500 unit. Kemarin (12/2/2023) Bank BTN melakukan kegiatan jalan sehat, sebagai rangkaian kegiatan menyambut HUT Bank BTN - 73, yang diikuti seluruh karyawan dan para mitra, serta dibuka oleh Sekretaris Daerah Pemkot Kendari,Dr.Ridwansyah Taridala.


Branch Manager Bank BTN Kendari, Astaufiq menjelaskan, tahun 2022, Bank BTN Kendari tercatat mengalami pertumbuhan bisnis 16 - 20 persen. Dari capaian tersebut didominasi oleh penyaluran kredit pembiayaan perumahan bersubsidi. Dimana untuk Wilayah V Indonesia Timur (Sulawesi, Maluku dan Papua), Bank BTN Cabang Kendari menduduki peringkat ke -2 dalam penyaluran KPR bersubsidi. Demikian dalam hal penghimpunan dana pihak ke tiga (DPK) bank BTN Kendari juga mengalami pertumbuhan diatas 12 persen. "Meskipun ada pertumbuhan pembiayaan dan DPK, namun untuk NPL atau kredit macet kami di bawah 1 persen, itu termasuk rendah untuk standar sebuah perbankan," tegas Astaufiq, saat ditemui di sela-sela pembagian doorr prize bagi peserta jalan sehat, di plataran Kantor Cabang Bank BTN Kendari, kemarin.


Bila melihat geliat ekonomi yang kian membaik, Astaufik yakin di tahun 2023 pencapaian untuk Bank BTN Kendari akan lebih baik lagi. Pasalnya pihaknya selain tetap melayani program pemerintah melayani KPR bersubsidi, namun untuk kredit KPR non subsidi atau komersil akan terus di tingkatkan. Pasalnya saat ini keinginan masyarakat untuk memperoleh hunian cukup tinggi baik subsidi maupun komersil. Terlebih Bank BTN didukung oleh beberapa mitra yakni para developer, dimana saat ini masih menjalankan puluhan proyek pengerjaan perumahan. "Karena selain Kendari, pangsa pasar kami juga di beberapa daerah, seperti Kolaka dan Baubau yang saat ini mulai tumbuh," rincinya.


Demikian diungkapkan Kepala Cabang Bank BTN Syariah Kendari, Wahyudi Dahlan, di pembiayaan syariah, nampaknya juga cukup banyak. "Tahun 2023 nanti kami menargetkan bisa membiayai 1500 unit , tentunya berkolaborasi bersama Bank BTN, semoga kami bisa turut membangun daerah ini dengan mensuport pembangunan hunian masyarakat di daerah ini," ujarnya dalam sambutan.


Sementara itu Sekda Kota Kendari, Dr.Ridwansyah Taridala, juga mensuport keberadaan Bank BTN yang telah berkontribusi kepada masyarakat dengan membiayai pembangunan perumahan. Hal ini terlihat dimana saat ini perumahan sudah menjamur di setiap sudut kota ini. "Hanya pesan saya kepada developer, tetap memperhatikan sisi lingkungan, dimana tetap perduli dengan resapan air yaitu dengan tetap menyiapkan ruang terbuka. Jangan hanya kita melihat sisi bisnis tapi abai terhadap kepentingan keselamatan lingkungan," kata Sekda Kota Kendari, yang didaulat membuka kegiatan Jalan sehat dan turut serta mengikutinya.


Jalan sehat yang digelar Bank BTN Cabang Kendari dalam menyambut HUT Bank BTN ke -73 ini diikuti ratusan peserta yang merupakan karyawan Bank BTN dan keluarga, serta sejumlah mitra Bank BTN yang turut merayakannya. Hadir pula dari beberapa asosiasi pengembang di daerah ini seperti REI dan APERSI serta sejumlah mitra. (lis/adv)



  • Bagikan