Watulondo Digagas Jadi Kawasan Persawahan

  • Bagikan
Sahuriyanto

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kota Kendari berencana membuka kawasan persawahan baru seluas 200 hektar di Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuwatu. Upaya itu dilakukan, dalam rangka meningkatkan produksi beras daerah.

Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Sahuriyanto mengungkapkan, pembukaan kawasan persawahan akan diusulkan ke Ditjen Tanaman Pangan Kementan RI. Pertimbangannya, kawasan Amohalo memiliki potensi sawah berdasarkan hasil pantauan penyuluh pertanian. Harapannya, usulan tersebut mendapat restu sehingga sudah bisa direalisasikan pada 2024 mendatang. “Kami masih menunggu hasil usulan,” ungkap Sahuriyanto, kemarin.

Mantan Kabag Umum Setda Kota Kendari tak menampik, jika saat ini Kota Kendari sudah memiliki dua kawasan persawahan yakni Persawahan Amohalo di Kelurahan Baruga seluas 45 hektar dan Persawahan di Kelurahan Labibia seluas 20 hektar.

Kendati demikian, ratusan hektar kawasan persawahan yang ada, belum cukup memenuhi kebutuhan beras masyarakat. “Saat ini produksi beras berkisar 5 - 9 ton per hektar. Diharapkan adanya perluasan kawasan persawahan, bisa menambah produksi beras daerah. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” imbuhnya. (b/ags)

  • Bagikan