Kabinet Aman Dirotasi

  • Bagikan
Sekda Sultra, Asrun Lio (kiri) atas nama gubernur mengambil sumpah jabatan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) atau kepala dinas lingkup Pemprov Sultra, di Aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur, Jumat (3/2), kemarin. (JUFRI / BIRO ADPIM PEMPROV SULTRA)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kabinet pemerintahan Gubernur Sultra Ali Mazi dan Wakil Gubenur Sultra Lukman Abunawas (Aman) dirotasi. Total 17 eselon II bertukar posisi. Rotasi dilakukan dalam rangka penyegaran organisasi. Seremoni pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio di aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Jumat (3/2), kemarin.

Sekda Asrun Lio mengatakan, rotasi jabatan merujuk pada Surat Keputusan Gubernur Sultra Nomor : 129 Tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan pimpinan tinggi pratama lingkup Pemprov Sultra.

"Rotasi jabatan merupakan hal yang biasa dalam sebuah organisasi. Ini merupakan penyegaran organisasi. Kami berharap pejabat yang baru dilantik bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku," kata Sekda Asrun Lio saat pelantikan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) atau para kepala dinas, kemarin.

Untuk diketahui, 17 pejabat dirotasi yakni Pahri Yamsul menjabat Kepala Dinas Sosial, sebelumnya sebagai Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra. Martin Efendi Patulak, jabatan lama Kepala Dinas Sosial Sultra dilantik mengisi posisi yang ditinggalkan Pahri Yamsul.

Syahruddin Nurdin yang sebelumnya menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra menjadi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sultra. Yuni Nurmalawati yang sebelummnya menjabat Kepala BPSDM Sultra dipercaya menjadi Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan.

Selanjutnya, Kepala BPKAD, Basiran yang juga Penjabat Bupati Buton, mengisi jabatan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik. Posisi Basiran di BPKAD diisi Muhammad Ilyas Abibu yang sebelumnya menjabat Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra.

Kepala Biro (Karo) Kesra, Yusmin dipercaya menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra. Pengganti Yusmin di Karo Kesra adalah La Ode Muhammad Rizal Putra, sebelumnya menjabat Kabag Protokol Setda Pemprov Sultra.

Harmin Ramba, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, dan Keuangan mengemban amanah baru sebagai Kepala Badan Kesbangpol Sultra. Boy Ihwansyah jabatan lama Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik dipindah menjadi staf di Setprov Sultra.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Suharno mengisi pos Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra. Jabatan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM berpindah dari Laode Syaifuddin kepada La Ode Muh Salimin. Mantan Kepala Diskop dan UMKM Laode Syaifuddin mengisi jabatan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Perhubungan.

Sedangkan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan, Muhammad Djudul pindah menjadi Kepala Bappenda. Pos yang ditinggalkan Muhammad Djudul diisi La Ode Rusdin Jaya yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Administrasi Pembangunan.

Posisi Kepala Dinas Kesehatan Sultra juga berganti dari dr.Putu Agustin Kusumawati kepada Usnia yang sebelumnya menjat Karo Administrasi. dr.Putu Agustin dipercaya sebagai Direktur Rumah Sakit Jiwa (SJ) Sultra. (ags/b)

  • Bagikan