Rp 375 Juta untuk Pengadaan Lampu Jalan di Koltim

  • Bagikan
Muh. Isa Benhur

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pengadaan lampu jalan umum menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) pada tahun ini. Pada sejumlah titik, masih ada jalan umum yang membutuhkan penerangan, sehingga masyarakat dapat menggunakan akses tersebut dengan dengan dukungan cahaya pada malam hari. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Koltim, Muh. Isa Benhur, mengakui, keberadaan lampu jalan umum sangat membantu masyarakat pejalan kaki, sehingga sangat perlu untuk adakan.

"Tahun ini Pemkab Koltim telah menganggarkan untuk memasang sepuluh titik lampu tenaga surya. Apalagi anggaran sudah terplot pada DIPA dinas teknis melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2023, tentu segera diadakan," kata mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Koltim tersebut, Kamis (2/2). Isa Benhur menyebut, anggaran yang disiapkan untuk mengadakan saran tersebut mencapai Rp 375 juta untuk 10 titik pemasangan lampu tenaga surya.

"Kalau titik pemasangan akan disebar pada sejumlah kecamatan yang membutuhkan. Pemasangan lampu jalan umum sebagai wujud perhatian pemerintah untuk membantu kebutuhan masyarakat," sambung Isa Benhur. Ia mengaku, pada tahun 2022 lalu, Pemkab Koltim juga telah mengadakan pemasangan lampu penerangan jalan umum sebanyak 273 unit. Lampu jalan tersebut banyak diprioritaskan pada pusat ibu kota Koltim di Rate-rate, agar lebih terang.

"Pemkab Koltim juga sudah menyalurkan bantuan pemasangan KWH gratis 50 unit rumah, serta bagi korban bencana alam puting beliung sebanyak 37 unit rumah. Alhamdulillah semua masyarakat bisa merasakan manfaatnya," tandas Isa Benhur. (c/kus)

  • Bagikan