Ruksamin Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi

  • Bagikan
Bupati Konut, Ruksamin (empat dari kanan) didampingi Wakil Bupati, Abuhaera (dua dari kanan), Sekda Konut, HM.Kasim Pagala (dua dari kiri) dan Ketua DPRD Konut, Ikbar (empat dari kiri) bersama para penerima bantuan stimulan UMKM, Rabu (1/2), kemarin.


--Salurkan Bantuan kepada 348 Pelaku UMKM

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pandemi Covid-19 menghantam sektor-sektor ekonomi selama dua tahun. Tahun 2023 ini, saatnya bangkit dari "duka" yang ditorehkan pandemi Covid-19. Di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Bupati Ruksamin terus bergerak menstimulasi dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

Melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Bupati Konut, Ruksamin memberikan bantuan stimulan kepada ratusan pelaku UMKM berupa perlengkapan usaha kuliner. Bupati Ruksamin menuturkan pemberian stimulan merupakan bentuk kesadaran dan dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi agar Konut terhindar dari resesi dan inflasi ekonomi.

''Masalah inflasi adalah masalah kita dan menjadi tanggungjawab kita bersama baik pemerintah, swasta maupun masyarakat. Untuk itu, bantuan stimulan ini merupakan upaya pemerintah untuk terus mendorong pembangunan dan eksistensi UMKM sebagai motor ekonomi rakyat yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pemulihan ekonomi nasional," ujar Bupati Ruksamin saat penyerahan bantuan stimulan kepada ratusan UMKM di di pelataran kantor Dinas Koperasi dan UMKM Konut, Rabu (1/2), kemarin.

Bupati Konut dua periode menegaskan dinamika ekonomi di Konut terus bertumbuh dengan menurunnya angka kemiskinan. Untuk terus menjaga kestabilan ekonomi, Bupati Ruksamin mengajak seluruh pelaku UMKM untuk membantu pemerintah daerah dalam menggerakan perekonomian di Tanah Oheo, Konut.

''Bantuan yang kita berikan ini tolong digunakan sebaik-baiknya. Jangan digunakan untuk pribadi, tapi gunakan untuk membuka usaha yang dapat menunjang dan menopang perekonomian bapak dan ibu sekalian,'' pinta Bupati Ruksamin kepada para penerima bantuan stimulan UMKM.

Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sultra itu meluangkan waktu berinteraksi dengan warganya. Ia ingin memastikan pelayanan pemerintah sampai kepada masyarakat, seperti pelayanan BPJS. Bupati Ruksamin mengintruksikan kepada dinas dan pihak-pihak terkait untuk segera menuntaskan masalah warga yang belum mendapatkan BPJS.

"Semua ini dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, untuk mewujudkan Konawe Utara Lebih Sejahtera dan Berdaya Saing atau Konasara,"urai Bupati Ruksamin didampingi Wakil Bupati, Abuhaera, Sekda Konut, HM.Kasim Pagala dan Ketua DPRD Konut, Ikbar.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Yusnah, menambahkan instansinya telah melaksanakan berbagai upaya pembangunan UMKM. Sebut saja, peningkatan SDM pelaku UMKM melalui kegiatan pelatihan dan pemberian bantuan stimulan kepada pelaku UMKM di Konut.

''Bantuan stimulan berupa perlengkapan usaha kuliner ini kami berikan kepada 348 pelaku UMKM yang umumnya berusaha di bidang kuliner. 348 UMKM ini tersebar di 95 desa dan kelurahan di 13 kecamatan," ujar Yusnah. (min/c)

  • Bagikan