Pemprov Sultra Tanam Pohon Bersama Iriana Jokowi

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov) Sultra mengikuti agenda penanaman 1.000 pohon bersama ibu negara Iriana Jokowi, kemarin. Kegiatan ini diikuti perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia. Di pusat, acara dihadiri Ibu Wury Ma'ruf Amin, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM), Pejabat Utama Kementerian dan Lembaga. Sedangkan di daerah, diikuti gubernur, bupati se-Indonesia dan seluruh stakeholder terkait.

Di Sultra, kegiatan ini dihadiri jajaran sejumlah pejabat. Mulai Sekretaris Daerah Provinsi Sultra Asrun Lio, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Sultra Suharno, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Wa Ode Munanah Asrun Lio beserta anggota DWP Sultra dan pejabat eselon II.

TANAM: Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio (tengah) bersama sejumlah pejabat saat mengikuti penanaman pohon serentak secara virtual seluruh Indonesia bersama ibu negara, Iriana Jokowi. FOTO: Syahrul Sanip/Diskominfo Sultra

Di Sultra, aksi penanaman pohon secara virtual dari halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sultra. Dalam kesempatan ini, Pemprov Sultra secara simbolis menanam 35 pohon mangga (mangifera indica).

Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio mengatakan, penanaman pohon bersama ibu negara, secara virtual diikuti perwakilan 34 Provinsi. Khusus Sultra, menanam pohon mangga. Beberapa provinsi lain, menanam beragam pohon berbeda. Pengurus TP PKK Sultra turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini, salah satu tujuannya untuk penghijauan. Kita secara simbolis menanam 35 pohon mangga. Kita pilih mangga, karena ketentuannya yang ditanam harus tanaman kayu. Lagi pula, tanaman mangga ini juga bisa dimanfaatkan buahnya," kata Asrun Lio.

Mantan Kadis Dikbud Sultra ini menambahkan, penanaman pohon, selain berfungsi menghijaukan kembali lingkungan, juga membantu mengurangi emisi gas rumah kaca. Sehingga, dapat menurunkan pemanasan global.

"Ini tentu kegiatan yang sangat baik untuk terus dilakukan. Karena akan membantu dalam pelestarian beragam pohon-pohon yang ada di wilayah Sultra," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sultra, Wa Ode Munanah Asrun Lio mengaku sangat mensupport dan senang dengan kegiatan yang bermuara pada kelestarian alam ini. Dia berharap, kegiatan ini terus berkelanjutan.

“Kita tentu ingin, hal positif ini tetap dijaga dan diteruskan. Khususnya kepada generasi muda," imbuhnya. (rah/b)

  • Bagikan