Dorong Kemajuan UMKM, Ruksamin Salurkan Bantuan Penunjang Usaha

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Perhatian Bupati Konawe Utara Ruksamin menstimulus perekonomian UMKM konsisten terawat. Selain mendukung kreativitas UMKM berbasis kearifan lokal, terbaru Bupati Konut dua periode ini menyalurkan bantuan stimulan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Bertempat di pelataran Kantor Dinas Koperasi ini mendatangkan para Pelaku UMKM, Ruksamin hadir langsung menyalurkan bantuan.

Total yang mendapatkan bantuan sekitar 348 pelaku usaha yang tersebar di 95 Desa Kelurahan di 13 Kecamatan.

Dalam sambutannya, Bupati Konut Ruksamin mengatakan, pemberian stimulun ini bentuk kesadaran pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi agar terhindar dari potensi resesi dan inflasi ekonomi yang diprediksi akan terjadi tahun 2023.

''Masalah inflasi adalah masalah kita dan menjadi tanggungjawab kita bersama baik pemerintah, swasta maupun masyarakat. Untuk itu, bantuan stimulun ini merupakan upaya Pemerintah untuk terus mendorong pembangunan UMKM sebagai motor ekonomi rakyat yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pemulihan ekonomi Nasional," kata Ruksamin, Rabu (1/2).

Politisi PBB Sultra itu mengaku bersyukur ekonomi Konut terus bertumbuh. Hal itu terlihat dengan menurunnya angka kemiskinan. Untuk terus menajaga kestabilan ekonomi, ia mengajak seluruh pelaku usaha UMKM untuk membantu pemerintah daerah dalam menggerakan sendi-sendi perekonomian.

''Bantuan yang kita berikan ini tolong digunakan sebaik-baiknya, jangan digunakan untuk pribadi, tapi gunakan untuk membuka usaha yang dapat menunjang perekonomian," pintanya.

Di sela-sela sambutannya, Koordinator Presidium KAHMI Sultra itu, menyempatkan berinteraksi bersama warga untuk memastikan pelayan pemerintah sampai kepada masyarakat, seperti pelayanan BPJS. Dalam interaksi tersebut, ditemui warga yang belum memiliki BPJS. Responsif, Ruksamin langsung mengintruksikan kepada Dinas dan pihak-pihak terkait untuk segera menuntaskan masalah tersebut.

"Semua dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, untuk mewujudkan Konawe Utara Lebih Sejahtera dan Berdaya Saing," tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Yusnah, menuturkan, telah melaksanakan berbagai upaya pembangunan UMKM, selain peningkatan sumber daya manusia pelaku UMKM melalui kegiatan pelatihan, pihaknya secara berkala menyalurkan bantuan seperti bantuan yang digelar saat ini.

''Bantuan stimulan barang ini kami berikan kepada pelaku UMKM yang umumnya berusaha di bidang kuliner, melalui kesempatan ini kami ingin menyampaikan penerima bantuan ini sebanyak 348 pelaku usaha yang tersebar di 95 Desa/Kelurahan di 13 Kecamatan," kata Yusnah.

Diketahui dalam penyerahan bantuan tersebut, turut dihadiri Wakil Bupati Konawe Utara Abuhaera, Jajaran Forkopimda, Sekertaris Daerah Kasim Pagala, Asisten/Staf Ahli, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemda Konit. (ali).

  • Bagikan

Exit mobile version