Pemkot Gagas Festival Budaya Lokal

  • Bagikan
Asmawa Tosepu

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-192 Kota Kendari, bakal dirangkaikan dengan berbagai kegiatan menarik. Salah satunya Festival Budaya Lokal. Informasi itu disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu.

Asmawa mengatakan, Festival Budaya penting dilakukan, dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang kekayaan budaya yang dimiliki Kota Kendari dan Provinsi Sulawesi Tenggara secara umum. “Kita akan mengadakan pementasan semacam festival atau karnaval budaya lokal. Seperti budaya Tolaki, Muna, Buton, Moronene, dan etnis atau paguyuban lainnya yang ada di Kota Kendari,” kata Asmawa Tosepu.

Dalam pelaksanaanya, pihaknya melibatkan seluruh pihak mulai dari tingkat pelajar, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sanggar, dan masyarakat umum. Kepala Biro Umum Sekretariat Kemendagri RI ini menambahkan, festival budaya lebih efektif dilakukan, ketimbang menggelar expo atau pameran. Pasalnya, festival budaya lebih bernilai edukatif dan kreatif. Karena mengedukasi masyarakat. Sehingga, bisa lebih mengenal adat istiadat dan budaya daerah sebagai warisan luhur yang harus dipelihara dan dijunjung tinggi. Terkait pelaksanaannya, Asmawa mengaku masih mengkoordinasikannya dengan panitia kegiatan HUT Kota Kendari. Rangkaian HUT Kota Kendari akan berlangsung, mulai 3 Februari hingga puncaknya, 9 Mei mendatang

  • Bagikan