2023, Target Predikat BB

  • Bagikan
Bupati Konkep, H. Amrullah saat memberikan sambutannya pada pembukaan workshop dan lokalatihan teknis penyusunan Sakip OPD dan kabupaten, lingkup Pemkab, kemarin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) terus mendorong agar akuntabilitas penyelengaraan birokrasi berjalan transparan dan terpercaya. Pada tahun 2021, capaian sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (Sakip) Kabupaten Konkep meraih predikat B. Untuk meningkatkan capaian tersebut, Pemkab Konkep menggelar workshop dan lokalatihan teknis penyusunan Sakip OPD dan kabupaten tahun 2023. Kegiatan tersebut berlangsung sejak Senin (30/1) hingga 1 Februari mendatang.

Bupati Konkep, H. Amrullah, mengatakan, capaian Sakip dalam dua tahun terakhir mengalami peningkatan. Tahun 2020 memperoleh predikat B dengan skor 60,19 dan tahun 2021 walaupun dengan predikat yang sama tetapi dengan angka lebih baik, yakni 61,14. “Kenaikan skor ditahun 2021 belum berdampak signifikan pada capaian Sakip Konkep pada level provinsi. Posisi Konkep masih berada pada posisi 12 dari 17 kabupaten dan kota se Sulawesi Tenggara. Daerah kita masih berada pada kategori best ke bawah dan hanya mengalahkan lima kabupaten yang memperoleh predikat CC,” ungkap Amrullah, kemarin.

Bupati Konkep dua periode itu melanjutkan, walaupun predikat Sakip Konkep masih predikat B, ia menyakini tahun ini akan memeroleh BB. Akan tetapi untuk memperoleh predikat tersebut, Amrullah menyakini tidaklah mudah. Diperlukan ketelitian perangkat daerah mulai dari perencanaan hingga evaluasi program. “Ini merupakan tantangan kita kedepan, bagaimana meningkatkan menjadi predikat BB sesuai dengan RPJMD. Sehingga kita dituntut untuk lebih fokus pada upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi anggaran,” ungkapnya.

Pada fase kedua kepemimpinannya bersama Wakil Bupati, Andi Muhammad Lutfi memimpin Pulau Wawonii, bukan saatnya berjalan lagi, tetapi momentum untuk berlari. “Karena jika tidak bisa berlari, maka bisa dipastikan Konkep akan tertinggal. Olehnya saya mengharapkan kepada semua elemen yang ada di daerah ini agar bersinergi dengan kemauan dan tekad yang kuat memajukan Konkep pada semua bidang serta lini yang ada. Termasuk pada pengelolaan Sakip menuju level yang lebih tinggi sesuai target yang telah ditetapkan,” harapnya. (b/jib)

  • Bagikan