BPSDM Tangguh, Sinergi dan Selaras

  • Bagikan
Kepala BPSDM Sultra, Yuni Nurmalawati (angkat tangan, tengah), saat mengikuti keseruan bermain games, bersama pegawai BPSDM Sultra, dalam giat Outbond, di Kebun Raya Kendari, Minggu (29/1).

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sultra punya cara berbeda dalam memacu kinerja aparaturnya. Lembaga yang dinakhodai Yuni Nurmalawati menggelar outbond di Kebun Raya, Kota Kendari, Minggu (29/1).

Kegiatan ini sebagai langkah mempererat kerja sama antara pegawai. Khususnya para Tenaga Pengembang Kompetensi BPSDM Sultra. Tema diangkat dalam kegiatan ini: BPSDM Tangguh, Sinergi dan Selaras”.

Kepala BPSDM Sultra, Yuni Nurmalawati mengungkapkan, outbond dilaksanakan sebagai upaya membentuk kekompakan, kebersamaan serta menggali potensi kerja sama antar Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup BPSDM Sultra. “Melalui kegiatan ini, bisa membangun potensi diri bagi aparat BPSDM. Juga sebagai evaluasi diri bagi pegawai,” ungkapnya.

Outbond ini, lanjut dia, bekerja sama dengan mitra Rafa Mandiri untuk memandu jalannya games, yang yang diikuti aparatur lingkup BPSDM Sultra. Kegiatan ini mengusung tema: BPSDM Tangguh, Sinergi dan Selaras. “Tangguh maksudnya adalah suatu sikap dalam menangani suatu masalah atau tekanan tertentu. Kita bisa mencari suatu solusi dan berpikir cara menyelesaikannya. Jadi, tangguh dalam menghadapi segala tantangan. Itu bisa belajar lewat kegiatan outbound ini,” jelasnya.

Sementara makna Sinergi lanjut Yuni, merupakan suatu sikap mengkolaborasikan bentuk kerja sama, melalui komunikasi yang efektif dan membangun kekompakan. “Artinya, kita berupaya memadukan segala perbedaan, dalam membentuk tim kerja yang saling percaya untuk memecahkan suatu masalah,” jelasnya.

Sementara BPSDM Selaras, kata Yuni, artinya kegiatan terpadu yang harus dilakukan semua tenaga Pengembang Kompetensi BPSDM Sultra. BPSDM juga merupakan salah satu organisasi pemerintah daerah yang mempunyai tugas membantu pimpinan, menyelesaikan tugas atau visi misi berdasarkan indikator kinerja utama. “Kaitannya dengan kegiatan ini. Ke depan, kami diperhadapkan suatu tanggung jawab besar. Yakni pencapaian akreditasi A dalam hal kediklatan,” jelasnya.

Dirinya berharap, melalui outbond ini, BPSDM menjadi suatu tim solid, selalu membangun komunikasi efektif, guna mewujudkan BPSDM Tangguh, Sinergi dan Selaras. “Kegiatan ini bukan hanya untuk hura-hura semata. Namun ada nilai dan tujuan yang diharapkan. Yakni membentuk BPSDM tangguh, sinergi, dan selaras dalam melaksanakan pengabdian di lembaga BPSDM Sultra,” imbuhnya. (b/kam

  • Bagikan