Ali Mazi : Kepemimpinan Ruksamin Teruji

  • Bagikan
Gubernur Sultra, Ali Mazi (kanan) dan Ketua DPW IKA UMI Sultra, Ruksamin (kiri) usai Musda I DPW IKA UMI Sultra di aula Kubah 9 Hotel, Sabtu (27/1). Turut hadir Sekda Sultra, Asrun Lio (tengah).


--Ruksamin Terpilih Aklamasi Ketua IKA UMI Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kepiawaian Ruksamin menjadi pemimpin diakui Gubernur Sultra, Ali Mazi. Pengakuan itu diungkapkan Gubernur Ali Mazi saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) I Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Alumni Universitas Muslim Indonesia (DPW IKA UMI) Sultra, Sabtu (28/1).

"Saat pemilihan Gubernur Sultra tahun 2018, duet Ali Mazi-Lukman Abunawas (Aman) diusung Partai NasDem. Mestinya, kader Partai NasDem menjadi ketua pemenangan pasangan Aman di Pilgub. Faktanya, Ruksamin yang juga politisi Partai Bulan Bintang (PBB) menjadi ketua pemenangan pasangan Aman dan kami menang," ujar Gubernur Ali Mazi di Hotel Kubah 9.

Pengakuan gubernur terhadap kualitas kepemimpinan Ruksamin tak keliru. Beragam indikator yang menjadi fakta kepemimpinan Ruksamin. Pernah menjadi Ketua DPRD Konawe Utara (Konut). Lalu terpilih menjadi Wakil Bupati Konut. Kemudian, terpilih menjadi Bupati Konut, selama dua periode. Ruksamin juga memimpin DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sultra. Selain itu, menjadi Ketua IKA SMAN Wawotobi. Dan teranyar, memimpin IKA UMI Sultra. Ruksamin terpilih aklamasi dalam Musda I DPW IKA UMI Sultra.

"Saya mengenal Ruksamin sudah lama. Bahkan Bupati Konut ini pernah tinggal di rumah saya saat menyelesaikan program doktornya. Makanya saya tahu percaya pada kemampuannya," kata Gubernur Ali Mazi.

Ketua DPW NasDem Sultra ini menilai Ruksamin sangat luar biasa. Ia kadang bertanya-tanya kemana Ruksamin akan berlabuh usai menjadi Bupati Konut. Pasalnya setiap kegiatan atau event, Ruksamin selalu hadir.

"Apakah Ruksamin akan menjadi The Next Sultra, kita tidak tahu. Intinya jika mau maju berkompetisi jangan bersandar pada lisan dan pikiran. Tapi harus lahir dari kalbu. Jika murni dari kalbu, pasti tercapai. Karena lidah dan pikiran ini banyak kepentingan, sewaktu-waktu bisa berubah," tutur Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi meminta seluruh pengurus IKA UMI Sultra untuk bersinergi dan membantu pemerintah dalam menstimulus perekonomian daerah. Menurut Gubernur Ali Mazi, alumni UMI memiliki SDM mumpuni diberbagai konsentrasi ilmu pengetahuan.

"Mari bersama-sama membangun Sultra. Kita punya sumber daya alam (SDA) yang sangat besar baik di sektor pertanian, perikanan, pertambangan, perkebunan dan lain-lain. Mengelola SDA dengan baik dan optimal membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kompeten," pinta Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi mengingatkan seluruh alumni UMI yang bermukim di Sultra agar bersama-sama membantu pemerintah dalam membangun dan memajukan daerah. "Sultra kaya akan SDA. Membutuhkan SDM yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi bisa menciptakan kreativitas yang konstruktif mengoptimalkan berbagai potensi daerah kita untuk kesejahteraan masyarakat," pesan Ali Mazi.

Sementara itu, Ketua DPW IKA UMI Sultra terpilih, Ruksamin bertekad menyusun komposisi struktur pengurus yang progresif, solid dan kokoh. Yang nantinya bisa bekerja masif mengaktualisasikan program-program yang diramu bersama dalam rapat kerja nantinya. Perihal paling mendasar untuk ditempuh, yaitu melakukan pendataan ribuan alumni yang tersebar di 17 Kabupaten dan Kota se Sultra.

"Data base para alumni UMI sangat penting. Ketika semua telah disatukan dalam satu data, akan memudahkan koordinasi antara satu dengan yang lainnya. Substansinya adalah agar program kerja ke depan bisa terlaksana dengan baik.Terutama silaturahmi dan sinergisitas terbangun dengan baik dan tumbuh secara berkelanjutan," kata Ruksamin.

Bupati Konut dua periode ini segera konsolidasi dan membentuk komisariat IKA UMI di setiap kabupaten dan kota di Sultra. "Saat ini baru komisariat IKA UMI Kolaka yang terbentuk. Secepatnya kami akan bentuk komisariat di kabupaten/kota lainnya. Hal ini sangat penting untuk berkolaborasi dan silaturahmi antarasesama alumni," ujar Bupati Ruksamin.

Ketua DPW PBB Sultra itu juga meminta kepada seluruh alumni UMI di Sultra agar senantiasa mendukung dan membantu program pemerintah. Terutama program pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19. "Semua harus berpegangan tangan, gotong royong membangun daerah dengan berkolaborasi mendukung program pemerintah daerah maupun pusat," tandasnya.

Diketahui Ruksamin didaulat sebagai Ketua DPW IKA UMI Sultra, masa bakti 2023-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Musda I IKA UMI Sultra di Aula Hotel Kubah 9, Sabtu (28/1). Selain dihadiri Gubernur Sultra, Ali Mazi, turut hadir Sekda Sultra, Asrun Lio, Sekretaris Jendral DPP IKA UMI Irwan Intje, dan Direktur Bank Sultra, Abdul Latif. Hadir pula alumni UMI lainnya yakni Bupati Kolaka, Ahmad Safei, Ketua DPRD Kendari, Subhan dan anggota DPRD Sultra, Sudarmanto Saeka. (ali/b)

  • Bagikan