Salurkan Bantuan, Nelayan di Butur Diminta Tingkatkan Hasil Tangkap

  • Bagikan
Sekab Butur, Muh. Hardhy Muslim (kanan) ketika menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para nelayan penerima untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Peningkatan produktivitas hasil tangkapan ikan nelayan di Buton Utara (Butur) mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat. Salah satu langkah yang dilakukan Pemkab adalah dengan menyalurkan bantuan sarana prasarana penangkapan ikan bagi nelayan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2022. Bantuan tersebut sudah diserahkan langsung secara simbolis oleh Sekretaris Kabupaten (Sekab), Muh. Hardhy Muslim yang juga Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Butur.

"Semoga dengan terbentuknya HNSI dapat mempermudah Pemerintah Kabupaten dalam rangka membantu dan memfasilitasi memperjuangkan kebutuhan nelayan Butur. Semuanya memiliki komitmen bersama untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat khususnya bagi nelayan," kata Hardhy Muslim, kemarin. Selama ini pihaknya hanya berharap pada bantuan yang bersumber dari dana alokasi khusus, seperti sarana prasarana tangkap yang baru saja terima para nelayan.

Ia mengaku, pemerintah sedang berjuang untuk menghadirkan pelabuhan perikanan dan tempat pelelangan ikan untuk mendukung peningkatan produktivitas hasil tangkapan nelayan di Butur. "Semoga sarana dan prasarana bantuan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan masyarakat yang sebelumnya belum dapat menunjang perekonomian karena belum memiliki peralatan lengkap," sambung Hardhy Muslim.

Untuk diketahui, bantuan yang diberikan berupa 50 unit kapal fiberglass di bawah 5 gross ton (GT) dan 38 unit mesin tempel kapasitas 15 HP, dilengkapi dengan peralatan nelayan lainnya. Bantuan tersebut disalurkan pada 88 kelompok nelayan di enam kecamatan. (c/had)

  • Bagikan