Polres Buteng Diresmikan

  • Bagikan
Kiri-kanan: Dandim 1413/Buton Letkol Arm Muhammad Faozan, Kapolres Buteng AKBP Yanna Nurhandiana, Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto, Pj Bupati Buteng Muhammad Yusup, dan Ketua DPRD Buteng Bobi Ertanto berfoto bersama dalam peresmian Polres Buteng, Rabu (25/1).

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kapolda Sultra, Irjen Pol Teguh Pristiwanto meresmikan Kepolisian Resor (Polres) Buton Tengah (Buteng), Rabu (25/1). Itu berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor KEP/1146/VIII/2022 tanggal 30 Agustus 2022 tentang Pembentukan Polres Buton Tengah oleh Kepala Kepolisian Daerah Sultra.

Irjen Pol Teguh Pristiwanto mengatakan pembentukan Polres Buteng merupakan upaya Polri khususnya Polda Sultra untuk menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks, sekaligus upaya peningkatan pelayanan kepolisian kepada masyarakat Buteng guna terselenggaranya pembangunan nasional dan daerah. Karenanya, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Buteng dan semua pihak yang telah mendukung hal tersebut.

Kepada personel Polres Buteng, Irjen Pol Teguh Pristiwanto berpesan agar lebih meningkatkan peran dan fungsinya di masyarakat sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. “Polres Buteng adalah satuan yang baru, tentu masih ada keterbatasan- keterbatasan personel, sarana dan prasarana. Saya minta kepada Kapolres Buteng untuk mengoptimalkan sumberdaya yang tersedia dengan baik, memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, sehingga masyarakat merasa aman dalam melaksanakan aktivitasnya sehari-hari,” ujar Irjen Pol Teguh Pristiwanto, kemarin.

Pada kesempatan itu, ia meminta beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan seluruh personel Polres Buteng. Pertama, mengimplementasikan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pelaksanaan tugas yang baik, tulus dan ikhlas kepada masyarakat. Kedua, memelihara dan menjaga maruah institusi Polri. Ketiga, meningkatkan komunikasi dan kemitraan dengan pemerintah, TNI dan tokoh masyarakat guna menciptakan keamanan yang mendukung jalannya pembangunan. “Keempat, jaga dan pelihara sarana dan prasarana kesatuan sehingga dapat berfungsi optimal dalam melayani masyarakat. Kelima, jaga kesehatan dan keselamatan diri dalam bertugas, tetap waspada siap siaga,” pungkasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Buteng, Muhammad Yusup mengaku bersyukur atas terbentuknya Polres Buteng. Kehadiran Polres Buteng diharapkan memudahkan koordinasi antara Pemkab dan kepolisian dalam menjamin keamanan masyarakat terutama dalam menekan angka kriminalitas, serta mendukung jalannya pembangunan di daerah itu. “Kita sangat mendukung dan berterima kasih dengan pembentukan Polres ini. Paling tidak, ini menjaga kamtibmas yang ada di sini,” tutur Pj Bupati Muhammad Yusup. (uli/b)

  • Bagikan