Konsistensi Kendari Bergerak

  • Bagikan
Pemkot Kendari dan Manajemen Kendari Pos berkolaborasi menyukseskan pelaksanaan HUT Kota Kendari 9 Mei 2023.


--HUT Kendari Mengusung Wawasan Lingkungan dan Budaya

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu konsisten membangun dalam frame tagline Kendari Bergerak. Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari pada 9 Mei nanti, mengusung substansi Kendari Bergerak, yakni berwawasan lingkungan dan kearifan lokal.
Memang terkesan berbeda peringatan HUT sebelumnya yang difokuskan pada acara pameran (Expo).

Pj.Wali Kota Kendari, Asmawa ingin HUT Kota Kendari nanti berjalan sukses. Untuk itu, Pj.Wali Kota, Asmawa menggandeng manajemen Kendari Pos dalam program lomba kebersihan lingkungan.

Konsepsi wawasan lingkungan dan kearifan lokal dipilih agar lebih menciptakan kesan berbeda dalam peringatan HUT. Manfaat jangka panjangnya pun dirasakan masyarakat. "Konsep HUT kita rubah dengan sesuatu yang baru. Tidak lagi dalam bentuk pameran atau expo. Kami yakin, kegiatan yang berbasis lingkungan lebih efektif dan hasilnya bisa dinikmati masyarakat lima sampai sepuluh tahun ke depan," kata Pj.Wali Kota, Asmawa saat menjamu jajaran Manajemen Kendari Pos di Balai Kota Kendari, Rabu (25/1), kemarin.

Pj.Wali Kota Asmawa mengungkapkan, lomba kebersihan lingkungan dalam rangka HUT Kota Kendari bakal dilaunching pada 3 Februari di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Papalimba Lapulu.
Kepala Biro Umum Sekretariat Kemendagri ini menambahkan, lomba kebersihan lingkungan bisa dikemas lewat berbagai kegiatan seperti gerakan menanam lima ribu pohon dan lomba mengelola sampah.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengungkapkan, konsep kearifan lokal pada perayaan HUT Kota Kendari dipilih untuk lebih memperkenalkan budaya lokal kepada masyarakat.

Pemkot Kendari bakal menggelar lomba bernuansa lokal. Sebut saja, lomba mombesara (peletakan adat dalam budaya Tolaki,red) dan lomba menerima osara (adat). “Pesertanya para kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) termasuk para camat. Kita kemas semenarik mungkin. Termasuk lomba budaya dari etnis lainnya seperti suku Muna, Buton, Moronene dan lain-lain,” kata Sekda Ridwansyah Taridala.

Selain lomba mombesara dan osara, kata Ridwansyah, pihaknya juga menggelar kegiatan sosial seperti sunatan massal dan karnaval budaya yang diikuti masyarakat umum.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin menyatakan siap mendukung dan menyukseskan rangkaian kegiatan peringatan HUT Kota Kendari tahun 2023.

"Pak Wali Kota menginginkan perubahan konsep pada peringatan HUT Kota Kendari tahun ini. Kami siap mendukung lewat ide kreatif dan inovasi untuk menyukseskannya. Kendari Pos siap sukseskan HUT Kota Kendari," ujar Awal Nurjadin didampingi Pemimpin Redaksi, Inong Saputra, Manajer Iklan, Nursyamsi Abidin dan Manajer Sirkulasi, Resmin. (ags/b)

Konsistensi Kendari Bergerak

  • Bagikan