Tiga Kabupaten Terima Bantuan Rutilahu

  • Bagikan
Martin Effendi Patulak

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) melalui Dinas Sosial, bakal memberikan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu) kepada tiga kabupaten tahun ini. Tiga kabupaten dimaksud adalah Kolaka Timur (Koltim), Konawe Selatan (Konsel) dan Konawe Kepulauan (Konkep). Informasi ini disampaikan Kepala Dinsos Sultra, Martin Effendi Patulak.

Dia mengatakan, biasanya Rutilahu atau RTLH dianggarkan dan dibantu pemerintah pusat, kali ini, Pemprov juga mulai menganggarkan itu. Namun jumlah bantuan Rutilahu baru menyasar tiga kabupaten dengan anggaran sebesar Rp1,5 miliar. “Jadi baru tercover tiga kabupaten. Kami akan tangani per kawasan. Karena rata-rata di kabupaten minta dua sampai tiga kawasan,” kata Martin Efendi saat di wawancarai di ruang kerjanya, kemarin (24/1).

Dia menambahkan, untuk bantuan Rutilahu tahun ini memang terbatas. Tetapi, cukup bagus dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Rutilahu lebih condong pada memberdayakan masyarakat setempat. Karena masyarakat yang akan membangun sendiri rumahnya. Jadi kita lebih ke sosialnya. Kalau di PU itu, lebih ke teknisnya,” jelasnya.

“Bantuan Rutilahu sebanyak 150 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk tiga kabupaten. Dengan jatah Rp15 juta per Kepala Keluarga,” terangnya. Effendi menambahkan, indikator pemberian bantuan Rutilahu. Salah satunya, kondisi rumahnya sudah tidak layak huni.. “Jadi Rp15 juta bisa menangani atap, dinding dan lantai. Ini langsung di transfer ke rekening masing-masing penerima. Bahkan untuk optimalisasi program, secara langsung di awasi pendamping Dinsos Sultra, bekerja sama dengan Dinas Sosial kabupaten,” tandasnya. (b/rah)

  • Bagikan