PAD Kolaka Ditarget Rp 168,2 Miliar

  • Bagikan
Wardi


--Capaian 2022 Hingga 101,14 Persen

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) merupakan salah satu modal keberhasilan dalam mencapai tujuan pembangunan daerah. Olehnya itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka terus memaksimalkan PAD.


Plt Kepala Badan Pendapatan Daerah Kolaka, Wardi, mengungkapkan, di tahun 2023 ini pihaknya menargetkan PAD sebanyak Rp 168,2 miliar. Adapun struktur PAD tahun 2023 terdiri dari pajak, retribusi, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, serta lain-lain PAD yang sah.

Wardi optimis, target PAD tahun 2023 dapat tercapai. Untuk mencapai target tersebut pihaknya akan melakukan beberapa upaya diantaranya yaitu intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan daerah. "Intensifikasi yaitu memaksimalkan sumber penerimaan yang sudah ada. Sedangkan ekstensifikasi yaitu mencari sumber penerimaan yang baru," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan mengoptimalkan penagihan piutang pajak bumi dan bangunan (PBB) perkotaan dan perdesaan. "Selain itu, kami juga akan membangun sistem informasi pajak daerah agar pengelolaannya dapat lebih efektif, efisien dan transparan," tuturnya.

Pria yang kini menjabat sebagai Asisten II Sekab Kolaka tersebut mengatakan, sebelumnya di tahun 2022 PAD Kolaka melampaui target. Dari Rp 164,8 miliar yang ditargetkan, pihaknya berhasil mengumpulkan Rp 166,7 miliar. "Jadi realisasi PAD di tahun 2022 itu mencapai 101,14 persen. Dengan melihat pencapaian tersebut, maka kami optomis target PAD di tahun ini juga bisa tercapai," tandas Wardi. (c/fad)

  • Bagikan