Cerdaskan SDM Sultra, Pemprov – University Rhode Island (URI) Amerika Jalin Kerja Sama

  • Bagikan
Gubernur Sultra, Ali Mazi (kanan) didampingi Sekda Sultra, Asrun Lio (tengah) menerima cendera mata dari Presiden Universitas Rhode Island, Dr.Marc Parlange (kiri) usai meneken Mou kerja sama di Jakarta, baru-baru ini.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tekad Gubernur Sultra Ali Mazi mencerdaskan sumber daya manusia (SDM) Sultra tak pernah memudar. Ia getol meretas jalan untuk kemajuan warganya melalui sektor pendidikan. Amerika Serikat selalu menjadi rujukannya. Membangun karya spektakuler berupa perpustakaan bertaraf internasional buah kunjungan ke Amerika. Gubernur Ali Mazi pun menjalin kerja sama dengan University Rhode Island (URI) Amerika Serikat, tahun 2019.

Kerja sama itu sempat tertunda akibat terpaan pandemi Covid-19. Seiring melandainya pandemi tahun 2023 ini, Gubernur Ali Mazi kembali diundang membahas kelanjutan kerja sama dengan URI Amerika di Jakarta, baru-baru ini. Dalam kesempatan itu, Gubernur Ali Mazi dan Presiden Universitas Rhode Island, Dr Marc Parlange meneken 11 program kerja sama dalam MoU.

"Kita patut berbangga karena Sultra menjadi salah satu daerah yang mendapat perhatian dari pemerintah pusat, dan masuk dalam peringatan 50 Tahun kerja sama Indonesia-URI Amerika Serikat. Kesempatan ini tidak boleh dilepas dan harus dimanfaatkan dengan baik, demi kemajuan daerah Sultra,"kata Gubernur Ali Mazi, kemarin.

Dalam momen penandatanganan MoU, Gubernur Ali Mazi didampingi Sekda Sultra, Asrun Lio, Rektor UHO, Prof.Dr.Muh.Zamrun Firihu, Ketua Yayasan Sultra Raya Dua Ribu Dua Puluh, Alvin Akawijaya Putra Ali Mazi, dan beberapa pimpinan OPD Pemprov Sultra.

Delegasi URI dipimpin Presiden URI, Dr.Marc Parlange yang didampingi Presiden URI Foundation, Direktur Ikatan Alumni URI, Wakil Rektor untuk Inisiatif Global, Dekan Sekolah Tinggi Teknik, Farmasi, dan Ilmu Lingkungan dan Kehidupan, serta pejabat lainnya dari lingkungan fakultas.

Gubernur Ali Mazi menuturkan pemerintah Indonesia kerja sama dengan URI Amerika Serikat (AS) yang diinisiasi Kedutaan Besar AS di Jakarta dan USAID Indonesia pada tahun 1972. Gubernur Ali Mazi melobi pemerintah pusat dan Pemprov Sultra mendapat undangan bertemu delegasi URI tahun 2019.

Saat itu, Pemprov Sultra menjadi bagian dari program kerja sama peringatan 50 tahun kemitraan antara pemerintah Indonesia dan URI AS. Pemprov Sultra dan Presiden URI, David M.Dooley kala itu, sepakat bermitra dan dituangkan dalam MoU.

Sekda Sultra, Asrun Lio menjelaskan, 11 program kerja sama yang disepakati dalam MoU Pemprov Sultra dan URI Amerika. Pertama, pendidikan akademik dalam program-program gelar universitas. Kedua, pelatihan jangka pendek oleh dosen dan peneliti universitas. "Ketiga, pendaftaran mahasiswa-mahasiswa Sultra pada program tingkat sarjana ataupun pascasarjana. Keempat, kegiatan penelitian oleh dosen dan peneliti universitas," ujar Sekda Asrun Lio kepada Kendari Pos, kemarin.

  • Bagikan