Laba Bersih Bank Sultra Rp243 Miliar

  • Bagikan

--Kendari Pos dan kendarinews.com Raih Penghargaan

KENDARINEWS.COM--Kinerja Bank Sultra terus bertumbuh positif. Di tengah dinamika bisnis yang semakin ketat Bank Sultra mampu mencatatkan capaian kinerja yang baik sepanjang tahun 2022. Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra, Abdul Latif memaparkan capaian kinerja triwulan III 2022. Ia menyebut laba bersih Bank Sultra tercatat sekira Rp243 miliar.

"Laba bersih itu tumbuh 11 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya (2021) yang hanya sekira Rp219 miliar," ujarnya dalam acara Appreciation's Bank Sultra for Media 2022, di Sky Lounge Claro Hotel Kendari, Selasa (27/12), kemarin.

Pencapaian Bank Sultra itu, kata Dirut Abdul Latif didukung dengan pertumbuhan kredit dan strategi tepat dalam pengelolaan dana pihak ketiga. Selanjutnya, dana korporasi dengan beban bunga yang tinggi perlahan dialihkan ke Current Account Saving Account (CASA) yakni tabungan dan giro.

"Untuk mendukung hal ini juga ditahun 2022 kami telah melaunching kartu debit dan Bank Sultra Mobile. Alhamdulilah sampai dengan saat ini user (pengguna) mobile banking Bank Sultra tercatat 27.982 orang," ungkap Dirut Abdul Latif.

Dari sisi aset, Bank Sultra membukukan Rp12,104 miliar. Capaian tersebut menunjukan pertumbuhan jika dibandingkan tahun sebelumnya hanya Rp12,056 miliar. Untuk dana pihak ketiga tercatat sekira Rp9,551 miliar, tumbuh negatif dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp9,867 miliar.

Selanjutnya, Performa Non Performing Loan (NPL) per September 2022 tetap terjaga di angka 1,1 persen. Masih dalam kategori sehat dan berada di bawah ketentuan regulator yang setinggi-tingginya adalah 5 persen.

"Kemudian, modal inti Bank Sultra mencapai Rp1,4 triliun atau tumbuh 10,44 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp1,3 triliun. Tentunya penguatan ini tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sultra selaku pemilik Bank Sultra," tutur Dirut Abdul Latif.

Dirut yang dikenal ramah itu menambahkan, Bank Sultra berkomitmen untuk berperan aktif dalam membangun dan mengangkat perekonomian daerah. Komitmen itu dibuktikan dengan penyaluran kredit sebesar Rp8,070 miliar, per September 2022.

"Walaupun tidak dipungkiri lemahnya perekonomian nasional turut berpengaruh atas pertumbuhan kredit Bank Sultra yang mencapai 5,21 persen. Namun kami tetap optimistis bisa berkontribusi dalam mendukung roda perekonomian di Sultra," pungkas Dirut Abdul Latif.

Pembuktian Ketangguhan Kendari Pos

Eksistensi koran Harian Kendari Pos semakin teruji di tengah gempuran media massa massa online. Kendari Pos dalam nakhoda Direktur Irwan Zainuddin berhasil membuktikan ketangguhannya dalam pusaran kompetisi bisnis media. Panggung pembuktian itu adalah Appreciation's Bank Sultra for Media 2022.

Dalam forum istimewa itu, Bank Sultra menganugerahkan penghargaan media partner terbaik kepada koran Kendari Pos. Bukan hanya itu, konvergensi media Kendari Pos berupa platform media online kendarinews.com turut meraih penghargaan yang sama. Kendari Pos dan kendarinews.com dinilai berkontribusi dalam mendukung kerja-kerja perbankan Bank Sultra. Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin dan Direktur kendarinews.com La Ode Diada Nebansi hadir menerima penghargaan tersebut.

Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra, Abdul Latif mengatakan, media gathering Appreciation's Bank Sultra for Media 2022 dilaksanakan dalam rangka mempererat silaturahmi Bank Sultra dengan seluruh insan dan perusahaan media massa di Sultra.

"Selama ini, rekan-rekan media cetak, elektronik dan media online telah memberikan support positif kepada Bank Sultra sehingga masyarakat dapat mengetahui informasi update terkait Bank Sultra yang sama kita banggakan ini," kata Dirut Abdul Latif dalam acara Appreciation's Bank Sultra for Media 2022, di Sky Lounge Claro Hotel Kendari, Selasa (27/12), kemarin.

Sukses Bank Sultra dalam mengembangkan bisnis perbankan di Bumi Anoa tak lepas dari dukungan insan media. Oleh karena itu, sebagai bentuk apresiasi Bank Sultra menggelar media gathering yang diikuti seluruh insan media cetak, online dan media elektronik. Media gathering dilaksanakan di Sky Lounge Claro Hotel Kendari, kemarin.

Dirut Abdul Latif menyampaikan terima kasih kepada seluruh pimpinan media massa dan wartawan yang telah mendukung Bank Sultra. "Dengan dukunga media massa, masyarakat dapat lebih mengenal produk dan layanan kami. Hal ini menjadi motivasi kami untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan perbankan yang prima dan relevan dengan kebutuhan masyarakat Sultra," ujar Abdul Latif.

Sementara itu, Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin mengapresiasi penghargaan yang diberikan manajemen Bank Sultra. Menurutnya, Bank Sultra dan Kendari Pos adalah milik masyarakat Sultra. Sudah sepatutnya, dua lembaga ini saling mendukung dalam bingkai kebersamaan dalam pembangunan daerah.

"Dukungan Kendari Pos terhadap kinerja perbankan Bank Sultra akan bermuara pada keberhasilan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu salurannya adalah melalui dana corporate social responsibility (CSR)," ujar Direktur Irwan Zainuddin.

Selain itu, anggaran pembangunan daerah juga diperoleh pemerintah daerah di Sultra melalui skema pinjaman daerah. Kontribusi Bank Sultra itu bagian dari mendukung pembangunan daerah.

Direktur Irwan Zainuddin menegaskan komitmen koran Harian Kendari Pos akan selalu mendukung kerja-kerja Bank Sultra. Apalagi Kendari Pos sebagai core bisnis didukung lima platform media sebagai bentuk konvergensi media, yakni koran elektronik (e-koran), kendarinews.com, KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID, kanal youtube Kendari Pos Channel, dan update news. "Kendari Pos selalu terbuka bekerja sama dengan manajemen Bank Sultra," tuturnya. (ags/b)

  • Bagikan