Harnus 2022, Warga Antusias Saksikan Atraksi

  • Bagikan
Puncak acara Harnus 2022 yang diwarnai dengan sejumlah atraksi persembahan personel TNI AUAU dan membuat antusias masyarakat untuk menyaksikannya.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Puncak Hari Nusantara (Harnus) 2022, akhirnya digelar, Selasa (13/12). Presiden RI, Joko Widodo, sebelumnya diagendakan hadir, namun batal datang karena berkunjung ke Belgia mengikuti KTT ASEAN-Uni Eropa. Meski begitu, masyarakat Wakatobi tetap antusias menyaksikan atraksi terjun payung dan pesawat tempur yang diperagakan anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) di langit Marina, Wangi-Wangi.

Presiden yang batal menghadiri puncak Harnus di Wakatobi diwakili Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia yang juga merupakan Ketua Pantia Nasional Harnus 2022. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Ketua Panitia Provinsi, Ali Mazi. Sebelumnya, rangkaian acaran Harnus telah dimulai sejak Sabtu (10/12). Selain bersih-bersih dermaga dan pantai, ada juga giat penanaman mangrove hingga Expo UMKM. Acara ini akan berlangsung selama empat hari,10-14 Desember 2022.

Atraksi lain yang tak kalah menarik pada hari H adalah sailing pass melibatkan tiga divisi dan delapan KRI. Parade mengikutsertakan 10 unit kapal yang telah dilengkapi WakatobiAIS pada sailing pass. Ratusan parade perahu hingga tiga pesawat Sukhoi melakukan empat manuver dan melewati empat pulau Wakatobi. Untuk flying pass, take off dari Lanud Hasanuddin, Makassar. Bupati Wakatobi, Haliana sebelumnya mengatakan, dalam rangkaian perayaan Hari Nusantara 2022, ia bersama Wakil Bupati, Ilmiati Daud dan pejabat lainnya, melakukan penanaman mangrove.

“Termasuk pelepasan tukik di Pantai Onemelangka, Desa Matahora, Pulau Wangi-Wangi. Selanjutnya kami bersama rombongan Kepala BRSDM menuju Liya Bahari untuk melihat potensi hasil panen rumput laut sebagai upaya peningkatan ekonomi maritim melalui kolaborasi investasi berkelanjutan untuk Indonesia bangkit lebih kuat dan Wakatobi Sentosa,” ujarnya, kemarin. (c/thy)

  • Bagikan