BMKG: Desember, Potensi Hujan Lebat, Petir dan Angin Kencang

  • Bagikan
Ilustrasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Awal Desember, potensi terjadi hujan lebat dan petir di Sulawesi Tenggara (Sultra) masih tinggi. Fenomena ini akan berlanjut hingga akhir Desember hingga awal Januari 2023. Masyarakat diminta waspada saat bepergian. Perkiraan puncak musim hujan terjadi akhir bulan ini hingga awal tahun depan disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari. "Pada awal Desember ini, hingga beberapa hari ke depan, wilayah Sultra berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang," ujar Koordinator Observasi dan Informasi Bidang Maritim Kendari, Faizal Habibie.

Kondisi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan petir, berpotensi terjadi di Kabupaten Konawe meliputi Routa dan Kapoiala. Kabupaten Konawe Selatan meliputi Tinanggea, Palangga, Kolono, Moramo, Lalembuu, Palangga Selatan, Moramo Utara, Laeya, dan Baito. "Selanjutnya Kabupaten Bombana meliputi Rarowatu, Rarowatu Utara dan Lantari Jaya. Serta Kabupaten Konawe Utara yang meliputi Asera, Wiwirano, Lembo, Sawa, Oheo, Motui, dan sekitarnya," jelas Faizal, kemarin.

Kondisi ini, kata dia, dapat meluas ke beberapa wilayah lainnya. Misalnya saja di Kabupaten Konawe kondisi hujan lebat hingga sedang dapat meluas ke Soropia, Bondoala, Meluhu, Amonggedo, Lalonggasumeeto dan, Anggalomoare. Kemudian Kabupaten Konawe Selatan, kondisi hujanya dapat meluas ke Angata, Andoolo, Landono, Lainea, Konda, Ranomeeto, Laonti, Benua, Mowila, Buke, Wolasi, Kolono Timur, da Andoolo Barat.

Selanjutnya, Kabupaten Konawe Utara hujan disertai kilat dapat meluas ke Langgikima, Molawe, Lasolo, Andowia, Wawolesea, Lasolo Kepulauan dan, Landawe. Kabupaten Konawe Kepulauan hujanya dapat meluas di Wawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, Wawonii Tengah. Sementara di Kota Kendari hujanya dapat meluas ke wilayah Mandonga, Kendari, Baruga, Poasia, Kendari Barat, Abeli, Kambu, Nambo, dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan berlangsung mulai siang hingga sore hari. Dan kemungkinan dapat terus berlangsung hingga malam hari, " bebernya.

Dalam kondisi ini, masyarakat diharap terus waspada. Khususnya masyarakat yang tinggal di daerah pesisir. Sebab, kondisi hujan disertai angin kencang, kilat atau petir akan sangat berdampak terhadap aktivitas di sekitar pesisir, khususnya terhadap adanya gelombang tinggi. "Kami minta masyarakat selalu mengikuti informasi dari BMKG, untuk mengetahui kondisi terkini prakiraan cuaca di wilayah Sultra," imbuhnya. (b/rah)

  • Bagikan