281 Medali Emas Sudah Bertuan, Konut Masih di Posisi Teratas

  • Bagikan


KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV tingkat Sultra bergulir sejak 20 November. 17 kabupaten kota di Sultra terdaftar sebagai peserta. Sebanyak 40 Cabang Olahraga (Cabor) dipertandingkan dan ratusan medali diperebutkan. 281 medali emas sudah bertuan, sesuai data media center KONI Sultra yang diakses melalui porprov2022.baubaukota.go.id, Kamis (1/12), pukul 20.58 Wita. (Lihat grafis).

Di hari kelima penyelenggaraan Porprov, lebih dari 10 cabor sudah menuntaskan partai final. Sebagian besar cabor akan tuntas pada 2 hingga 3 Desember besok. Saat ini posisi perolehan medali tengah kejar-kejaran antardaerah.

Kabupaten Konawe Utara memuncaki klasemen perolehan medali. Kabupaten yang dipimpin Bupati Ruksamin itu mengoleksi 51 emas dari 112 medali yang dikumpulkan. Perolehan medali Konut meningkat signifikan setelah atlet angkat berat menyumbang 15 emas dan atlet angkat besi 9 emas.

Kota Baubau juga menang banyak di cabor yang sama. Yakni angkat besi 11 emas dan angkat berat 7 medali. Sementara Kota Kendari nyaris menyapu bersih kelas renang dengan 23 emas dari cabor itu. 9 emas untuk Kota Kendari juga disumbang oleh cabang bela diri Kempo. Masih ada ratusan medali lainnya yang tengah diperebutkan.

Dengan perolehan itu Konut masih perkasa diurutan teratas, disusul Kota Kendari yang dibuntuti oleh Kota Baubau. Sementara diposisi buntut adalah kontingen Buton Tengah yang belum mengoleksi satu pun medali emas. Sama halnya dengan Buton Selatan yang juga hanya mengoleksi 4 perunggu tanpa emas.

Masih ada sejumlah cabor yang belum melaporkan hasil akhir pertandingan di media center. Tepatnya cabor yang menuntaskan partai final siang hingga sore kemarin. Misalnya cabor road race, tinju, dan wushu. "Biasanya nanti sudah ada data resmi bertanda tangan panitia dan KONI baru kita in put, walaupun kita sudah dengar pemenangnya, tapi SOPnya sudah begitu, tunggu surat dari penyelenggara pertandingan," ungkap Said, salah satu penanggung jawab media center KONI Sultra.

Salah satu cabor yang selalu dinanti masyarakat untuk ditonton adalah sepak bola. Sempat diwarnai kericuhan di partai delapan besar, namun pertandingan tetap dilanjutkan. Partai semi final mempertemukan Kota Kendari Versus Kolaka Utara dan Kabupaten Buton versus Konawe pada 1 Desember, kemarin.

Partai final akan digelar 3 Desember besok, Kota Kendari akan bentrok dengan Konawe di lapangan Banabungi Pasarwajo. "Untuk sepak bola, pertandingan semifinal sudah selesai di lapangan Banabungi. Berlangsung sangat aman, dan hasilnya Kendari ketemu Konawe di final. Finalnya tanggal 3 besok," ungkap Kadispora Buton Abdul Zainuddin Nappa kepada Kendari Pos, kemarin.

  • Bagikan