Pj Wali Kota Kendari Kantongi Nama Pejabat Tak Kompeten, Bakal Diganti?

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Gebrakan cerdas Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menggelar uji kompetensi kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Kendari patut diapresiasi. Langkah ini bisa menjadi sarana evaluasi pejabat dan jajaran di bawahnya. Asmawa Tosepu sudah menerima hasil sementara uji kompetensi pejabat eselon, pejabat administrator, pengawas, termasuk ASN secara umum.

Berdasarkan hasil uji kompetensi, ditemukan beberapa kejanggalan pada sejumlah pejabat lingkup Pemkot. Seperti ada pejabat tidak memiki kapasitas dan kompetensi dalam bidang tugasnya. Kemudian ada pejabat pangkatnya lebih rendah dari atasannya. Situasi ini semakin memperkuat sinyal rotasi pejabat semakin dekat.

"Ini rekomendasi hasil tes kompetensi dan hasil pemeriksaan dari inspekorat. Ini menjadi pertimbangan kami dalam pengambilan kebijakan SDM di Kota Kendari. Keputusannya nanti, bisa rotasi atau sanksi," tegas Asmawa. Dia menambahkan, uji kompetensi dilaksanakan untuk memetakan kompetensi ASN di lingkup Pemkot Kendari. Dia yakin, jika ASN berkompeten terhadap jabatan yang diemban, tentu akan mendukung pelaksanaan tugasnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari, Sudirham membenarkan jika beberapa pejabat di lingkup Pemkot Kendari masih belum kompeten. Kendati demikian, pihaknya belum bisa mengumumkan nama-nama pejabat yang tidak kompeten itu. Pasalnya, pihaknya masih akan melakukan pengkajian mendalam dengan mempertimbangkan hasil uji kompetensi yang dilaksanakan dengan melibatkan unsur pemerintah pusat (Kemendagri) dan Perguruan Tinggi (Universitas Halu Oleo). "Nanti akan dievaluasi oleh pimpinan. Nanti pimpinan yang akan mengumumkan," imbuh Sudirham. (b/ags)

  • Bagikan