Jumlah TKA di Sultra Capai 2.193 Orang

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sulawesi Tenggara menjadi salah satu tujuan tenaga kerja asing (TKA). Keberadaan perusahaan tambang, menjadi pemicunya. Data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sultra, saat ini, ada 2.193 TKA di Bumi Anoa. Mereka bekerja di beberapa perusahaan tambang. Diantaranya, di PT Virtue Dragon Nickel industry (VDNi) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS).

"Total TKA di Sultra sekarang 2.193 orang. Jumlah ini cukup fluktuatif. Mereka bekerja dalam kurun waktu enam bulan. Jadi kalau ditanya datanya dari bulan April dan sekarang, maka bisa lebih atau bisa juga berkurang," ungkap Kepala Disnakertrans Sultra, La Ode Ali Haswandi kepada Kendari Pos, kemarin.

Namun jumlah tersebut, kata Haswandi, lebih rendah dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 3.000-an TKA. TKA sebanyak 2.193 orang itu, tersebar di 19 perusahaan tambang yang ada di Sultra. "Paling banyak, TKA ini bekerja di dua perusahaan besar: VDNi dan OSS di Morosi," jelasnya. Lanjut dia, kedua perusahaan ini, mempekerjakan TKA sekira 1.900-san. (b/kam)

  • Bagikan