Kanada Tersingkir dari Piala Dunia 2022

  • Bagikan
Timnas Kanada, Foto : NET

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kroasia menang telak atas Kanada dengan skor 4-1 dalan laga penyisihan Grup F di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Ahad 27 November waktu setempat.

Kemenangan itu membuat Kroasia puncaki klasemen Grup F dengan perolehan 4 poin dan memastikan diri melaju ke bahak 16 besar.

Sementara Kanada berasa di dasar klasemen dengan 0 poin dan dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Tim besutan Zlatko Dalic ini sempat dikejutkan oleh gol Alphonso Davies saat laga di ini baru berjalan dua menit.

Gol Kanada diciptakan oleh Davies pada awal-awal pertandingan baru berjalan 68 menit.

Ketika Davies mendapatkan umpan silang ke area penalti Kroasia dengan sempurna sundulannya melewati kiper Dominik Livakovic dari jarak dekat hingga berbuah gol.

Gol pertama Kanada di Piala Dunia ini menjadi penebus untuk Davies setelah penalti bintang Bayern Munich itu sempat digagalkan Thibaut Courtois saat mereka kalah oleh Belgia.

Sayangnya, catatan gol tercepat Davies untuk piala dunia 2022 itu tidak mengendurkan semangat Kroasia untuk membalikkan keadaan.

Pada menit ke-36 gol Kroasia berawal saat Kramaric menerima umpan balik dari Ivan Perisic di area pertahanan Kanada.

Dia memberi sentuhan sejenak sebelum melepas sepakan tajam ke sudut jauh gawang Kanada hingga merobek gawang Kanada.

Kemudian gol kedua tercipta melalui kaki penyerang Hajduk Split Livaja yang dipilih menggantikan Nikola Vlasic. Livaja mampu mencetak gol pada menit ke-44.

Serangan yang dibangun melalui Josip Juranovic sempat di blok pemain belakang Kanada di luar area penalti, tetapi Livaja mampu menerkam bola lepas dan dengan gesit mengirim tendangan mendatar yang apik melewati penjaga gawang.

Memasuki babak kedua, pemain pengganti Kanada Jonathan Osorio mendapat peluang emas ketika sepakan jarak jauhnya melebar hanya beberapa inci saja dari mistar gawang.

Sejumlah peluang emas diciptakan kedua tim tetapi berhasil dimentahkan kiper masing-masing.

Borjan mampu menahan tembakan jarak dekat Kramaric yang menyerang dari sisi kanan, sebelum tendangan Jonathan David juga dari jarak dekat ditepis Livakovic.

Hingga Kramaric memberikan pukulan mematikan dengan gol yang diciptakan pada menit ke-70.

Umpan silang Perisic disambut Kramaric di area penalti Kanada dan dia memanfaatkan ruang sempit untuk penyelesaian dengan kaki kiri dan bola melesat melalui kaki Atiba Hutchinson ke sudut bawah.

Gol Majer melengkapi kemenangan Kroasia setelah memanfaatkan operan Mislav Orsic di waktu tambahan. Skor 4-1 tercipta hingga laga berakhir (fin).

Susunan Pemain

Kroasia: Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luka Modric (Mario Pasalic 86'), Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic (Lovro Majer 86'); Andrej Kramaric (Nikola Vlasic 72'), Marko Livaja (Bruno Petkovic 60'), Ivan Perisic (Mislav Orsic 86').

Kanada: Milan Borjan; Kamal Miller, Steven Vitoria, Alistair Johnston; Alphonso Davies, Stpehen Eustaquio (Ismael Kone 46'), Atiba Hutchinson (Sam Adekugbe 72'), Richie Laryea (Junior Hoilett 62'); Jonathan David (Lucas Cavallini 72'), Cyle Larin (Jonathan Osorio 46'), Tajon Buchanan.

  • Bagikan