Peraih Medali Porprov Disiapkan Bonus

  • Bagikan

Usung Misi Juara

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Tenggara (Porprov Sultra) ke- XIV tahun 2022 dipusatkan di Kabupaten Buton dan Kota Baubau. Ajang empat tahunan itu, dilaksanakan selama 10 hari. Terhitung mulai 26 November hingga 4 Desember 2022. Kontingen kabupaten/kota sudah berada di dua daerah tersebut.

Pelaksanaan Porprov baru akan dibuka malam ini. Namun, sejumlah cabang olahraga (Cabor) sudah dipertandingkan. Seperti sepak bola, dayung, dan lainnya. Semua atlet utusan daerah berlomba memperlihatkan penampilan terbaik. Mereka mengusung misi: Meraih gelar juara. Kalaupun tidak bisa meraih juara umum, minimal membawa pulang medali di beberapa cabor. Meraih medali membuka jalan untuk mendapatkan bonus, sesuai janji kepala daerah masing-masing.

Tuan rumah: Buton dan Baubau tentu saja yang paling getol untuk meraih juara umum. Namun, tetap saja kesuksesan sebagai penyelenggara Porprov menjadi prioritas utama. Pesan itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Buton, Basiran. Kepada para atlet andalan daerah, Basiran menitipkan harapan besar untuk menjaga nama baik Buton sebagai tuan rumah maupun peserta pertandingan.

“Ini luar biasa. Kita dipercaya menjadi tuan rumah. Sukses Porprov ada di pundak kita semua. Buktikan kepada tamu dan penonton Sultra bahkan Indonesia, bahwa Buton bisa,” ungkap Basiran, kemarin. Kepala BPKAD Sultra ini menegaskan, atlet yang mewakili Buton adalah putra putri asli daerah. Sehingga, jika berprestasi, menjadi kebanggaan sempurna sebagai tuan rumah. “Kita ingin menang dan meraih juara dengan cara yang elegan,” tegasnya. Untuk menghargai dan memberikan apresiasi kepada atlet berprestasi, Basiran mengaku sudah menyiapkan bonus dalam penganggaran tahun ini. “Bonus bukan hanya untuk para juara, tapi pelatihnya juga dapat," janjinya.

Pertahankan Tradisi Juara

Tak hanya tuan rumah, misi meraih dan mempertahankan tradisi juara, juga diusung kontingen Kota Kendari. Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, empat tahun lalu, Kota Kendari menjadi juara umum Porprov yang diselenggarakan di Kabupaten Kolaka. Kala itu, Kota Kendari berhasil meraih 154 emas, 100 perak dan 106 perunggu.

"Prestasi itu menjadi pelecut semangat atlet Kendari untuk kembali meraih juara umum. Kami ingin mengulang sejarah," ungkap Asmawa Tosepu.
Dalam Porprov kali ini, Kendari mengutus 868 atlet. Kendari mengikuti seluruh cabor yang dipertandingkan. “Kita optimis menjadi juara umum dengan 39 jumlah cabor yang diikuti," yakinnya. Sebagai tambahan motivasi atlet, Pemkot menyiapkan bonus bagi atlet berprestasi.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa juga memberikan motivasi kepada atlet supaya bisa meraih hasil terbaik di Porprov. Turun dengan kekuatan penuh:720 orang terdiri dari 530 atlet, 150 official dan pelatih, Kery optimis bisa meraih juara. "Porprov menjadi ajang pembuktian atlet Konawe untuk mengukir prestasi gemilang di level provinsi," tegasnya. Konawe bakal berlaga pada 27 cabang olahraga (cabor). Dari 27 cabor yang diikuti, Konawe menargetkan memboyong 50 medali emas Porprov Sultra tahun 2022. "Kita bisa juara," optimisnya.

Kontingen Konawe Utara (Konut) juga punya ambisi sama: Meraih gelar juara Porprov 2022. Bupati Konut Ruksamin mengatakan, Porprov tahun ini sebanyak 732 atlet diturunkan. "Porprov empat tahun lalu, Konut berada di peringkat lima. Tahun ini, saya optimis Konut bisa meraih juara umum. Kita menargetkan 153 emas, 96 perak dan 68 perunggu," kata Ruksamin.

Kontingen Bombana target masuk dalam lima besar dalam ajang Porprov kali ini. Untuk menambah semangat atlet dalam bertanding, Pj Bupati Bombana, Burhanuddin, menjanjikan bonus bagi atlet yang berhasil meraih medali. "Atlet beregu dengan jumlah 11 orang keatas, peraih emas akan diberi Rp 50 juta, perak Rp 35 juta dan Rp 25 juta untuk perunggu," ujarnya.

Sedangkan untuk atlet dengan kategori beregu dengan jumlah atlet 4 hingga 10 orang, peraih medali emas mendapatkan Rp 30 juta, perak Rp 25 juta dan perunggu Rp 20 juta. Untuk atlet dengan jumlah 2 sampai 3 orang, peraih medali emas diberi bonus Rp 25 juta, perak Rp 20 juta dan perunggu Rp 15 juta. Sementara untuk kategori perseorangan, bonus peraih emas Rp 20 juta, perak Rp 15 juta dan perunggu Rp 10 juta.
“Bonus yang sudah kita siapkan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada para atlet yang akan berjuang mengharumkan nama daerah. Mari kita sama-sama berjuang untuk membanggakan Kabupaten Bombana,” tandasnya.

Siapkan Bonus Puluhan Juta

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur menyiapkan bonus menggiurkan kepada atlet yang mampu berprestasi dan mengharumkan nama daerah. Plt Bupati, Abdul Azis, mengaku sudah menyiapkan bonus bagi atlet yang berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) ke XIV di Kota Baubau dan Buton tahun 2022.

“Bonus sudah disiapkan untuk atlet peraih medali. Ini sebagai bentuk apresiasi,” ujar Abdul Azis. Dia merinci, medali emas beregu khususnya empat orang ke atas diberikan dana pembinaan sebesar Rp 50 juta, medali emas untuk tiga orang Rp 40 juta, medali emas beregu dua orang Rp 40 juta, medali emas individu Rp 25 juta. Sementara medali perak beregu empat orang keatas diberikan Rp 30 juta, medali perak tiga orang Rp 20 juta, medali perak beregu dua orang Rp 20 juta.

“Untuk medali perak individu Rp 15 juta. Kalau medali perunggu beregu sebanyak empat orang keatas Rp 20 juta, medali perunggu tiga orang Rp 15 juta dan medali emas perunggu dua orang Rp 15 juta. Medali perunggu dua orang Rp 10 juta,” jelasnya. Abdul Azis optimis atlet bisa meraih hasil terbaik.

Ketua KONI Butur, Muhammad Ridwan Zakariah juga optimis atletnya bisa meraih gelar juara. "Kita optimis juara. Minimal masuk lima besar," ujar Ridwan Zakariah. Supaya memotivasi atlet, dirinya menyiapkan bonus bagi atlet berprestasi. “Setiap peraih medali pasti ada bonusnya. Bonus untuk peraih medali emas Rp 15 juta, kalau perak jumlahnya di bawah itu,” jelasnya

Kontingen Mubar yang berkekuatan 339 orang dan mengikuti 13 cabang olahraga juga mengusung misi juara. Penjabat (Pj) Bupati Mubar, Bahri optimis, Mubar bisa meraih hasil terbaik. “Bertandinglah dengan penuh semangat, pantang menyerah dan junjung tinggi sportivitas. Raih prestasimu," imbuhnya. (b/lyn/ags/kus/ali/adi/had/ahi/idh)

  • Bagikan