Tingkatkan Kualitas Tenun, Dekranasda Gandeng Desainer Kondang

  • Bagikan
Ketua Dekranasda Sultra Hj Nur Endang Abbas (berdiri kiri) dan pemateri Musa Widyatmodjo (berdiri kanan) di acara workshop di Plaza Inn Hotel

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Berbagai langkah dilakukan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam meningkatkan kualitas tenun daerah. Tidak hanya fokus membina pengrajin tenun, lembaga yang dipimpin Hj Nur Endang Abbas ini turut menggandeng desainer kondang di Indonesia.

Ketua Dekranasda Sultra Hj Nur Endang Abbas mengatakan tenun asal Sultra punya potensi pasar yang menjanjikan. Makanya, produk tenun lokal harus dikembangkan.

"Kami intens membina pengrajin tenun. Mulai program pendampingan, pemberian bantuan hingga pelatihan. Di sisi lainnya, kami juga berkoordinasi dengan Dekranasda pusat dan daerah termasuk instansi terkait lainnya. Agar mengejar tuntutan pasar, kami juga menggandeng desainer ternama," kata Hj Nur Endang Abbas.

Kerjasama dengan desainer kondang kata dia, telah dilakukan sejak lama. Tidak hanya melalui pagelaran busana yang mengangkat motif tenun lokal, namun juga pelatihan dan berbagai workshop.

"Dalam workshop kali ini, kami menghadirkan desainer nasional Defrico Audy. Selain itu, ada juga pengurus Dekranasda pusat yang basic-nya adalah desainer Musa Widyatmodjo. Pelatihan yang diikuti puluhan pengrajin tenun dari berbagai daerah di Sultra ini berlangsung selama tiga hari. Mulai tanggal 17-19 November," kata mantan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra ini. (mal)

  • Bagikan