KKKS Kendari Komitmen Jaga Persatuan

  • Bagikan
Nasbir Syukri

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penduduk Kota Kendari makin heterogen. Pluralisme mesti terus dirawat sebab kemajemukan adalah aset bangsa. Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Kendari berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan.

Ketua BPD KKSS Kota Kendari Nasbir Syukri, mengatalam lembaganya berupaya berkontribusi membangun daerah. KKSS adalah wadah pemersatu, bagaikan bahtera/ perahu yang muatannya dari ragam latar belakang profesi, suku, agama, budaya dan bahasa yang berbeda. Bahkan pilihan politik berbeda. Kendati demikian, hal itu tidak menjadikan suatu perbedaan, sebab tujuannya hanyalah mewujudkan sumber daya manusia andal, sehat, mandiri dan bermartabat.

"KKSS juga berupaya menciptakan sikap rendah hati, hilangkan sikap egoisme, arogansi dan mengedepankan sikap toleransi, saling menghargai dan menghormati," tambahnya.

Selain itu, KKSS juga menciptakan program kerja degan melibatkan semua organisasi guna menimbulkan kebersamaan dan persaudaraan. Dengan begitu,maka tak ada lagi pemisah dengan yang lain. Apalagi berada dalam bingkai pemersatu menuju Kendari Bergerak (Bersih, Gesit, Ramah dan Kondunsif). Ia mengajak warga Kendari untuk menyukseskan program Kendari Bergerak.

"Persatuan dan kesatuan tertuang di dalam dasar negara yaitu pancasila pada sila ketiga yaitu persatuan Indonesia. Artinya bangsa tak boleh terpecah belah, tetapi harus berusaha untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan yang telah ada," bebernya.

Ia menyarankan warga menerapkan prinsip-prinsip persatuan dan kesatuan. Tidak boleh mementingkan kepentingan pribadi, kelompok atau golongan. Yang mesti dilakukan adalah berkorban demi kepentingan bangsa dan negara. (ris)

  • Bagikan